Bikin KTP-el Sampai Akta Kelahiran Kini Bisa di Gedung DPRD Kota Bandung

- Rabu, 26 Februari 2020 | 13:12 WIB
Geulis' alias Gerai Untuk Layanan Istimewa di basement kantor DPRD Kota Bandung. (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)
Geulis' alias Gerai Untuk Layanan Istimewa di basement kantor DPRD Kota Bandung. (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

BATUNUNGGAL, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), bekerja sama dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Dukcapil dan DPRD Kota Bandung menghadirkan pusat layanan dasar kependudukan warga di basement kantor DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi nomor 30, Rabu (26/2/2020). Area pelayanan berbentuk semi-kafe tersebut dinamai 'Geulis' alias Gerai Untuk Layanan Istimewa.

Gerai pelayanan kependudukan di luar kantor kecamatan dan kantor Disdukcapil tersebut merupakan gerai keempat yang hadir di Kota Bandung. Sebelumnya gerai serupa juga telah beroperasi di sejumlah mal meliputi Festival City Link, BTC, dan Metro Indah Mall.

Kepala DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan mengatakan, Geulis di kantornya melayani 4 hal pelayanan dasar kependudukan. Dia menyebutkan, fasilitas tersebut hadir salah satunya agar pihaknya dapat lebih mudah melakukan advokasi terkait permasalahan kependudukan yang diadukan warga.

AYO BACA : Perluas Jangkauan, Pemkot Bandung Tambah Gerai Layanan KTP-El

"Hal yang dilayani ada perekaman dan pencetakan e-KTP, Kartu Identitas Anak dan Akta Kelahiran serta Kematian. Di sini kan banyak konstituen yang bermasalah, seperti mengurus SKTM segala macam kan basisnya harus dari KTP dan KK," ungkapnya ketika ditemui selepas peresmian.

"Kadang kita tidak bisa advokasi kalau mereka tidak punya KTP dan KK. Mudah-mudahan ketidaktauan masyarakat dalam membuat administrasi kependudukan bisa langsung dijelaskan di sini prosedurnya, jadi enggak bolak-balik," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Ditjen Dukcapil I Gede Suratha mengatakan kolaborasi antara pusat, dewan daerah dan Disdukcapil setempat ini merupakan yang pertama ada di Indonesia. Hal tersebut dinilai perlu direplikasi di tempat lain,

AYO BACA : Disdukcapil Bandung Pastikan Blanko E-KTP Tersedia

"Kolaborasi antara dewan, Disdukcapil dan pusat baru kita temukan di tempat ini. Kalau pelayanan publik (di luar kecamatan dan kantor Disdukcapil) sudah banyak, tapi tiga serangkai yang saling dukung wujudnya baru di DPRD Kota Bandung," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Kota Bandung Raih Juara Umum MTQ Jabar 2022

Minggu, 26 Juni 2022 | 13:15 WIB
X