Catatan Umrah: Menikmati Kebesaran Allah di Tanah Suci

- Rabu, 9 Oktober 2019 | 10:41 WIB
Kakbah di Masjidil Haram. (Adi Ginanjar Maulana/Ayobandung.com)
Kakbah di Masjidil Haram. (Adi Ginanjar Maulana/Ayobandung.com)

Qodarullah atau dalam bahasa Indonesia ketetapan Allah. Akhirnya, mimpi dalam hidup ini terwujud, diundang Yang Maha Kuasa menjalankan ibadah umrah ke Tanah Suci.

Hal ini tidak terlepas dari doa dan kantor tempat bekerja—PT Ayo Media Network—yang memberikan kesempatan saya mewujudkan ibadah ini.

Pada 24 September lalu, saya berangkat ke Tanah Suci dengan travel Safari Suci. Adapun, jumlah peserta saat itu kira-kira mencapai 200 orang.

Setelah menunggu sekitar 9 jam di dalam pesawat Saudia Airlines dari Bandara Soekarno Hatta yang take off pukul 11.00 WIB, rombongan tiba di Bandara Jeddah pukul 16.00 WIB waktu Arab Saudi.

Saat itu, saya beserta rombongan sudah mengambil miqat—kira-kira 30 menit—dengan memakai pakaian ihram dan membaca “Labbaikalloohumma 'umrotan." (Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah untuk berumrah), sebelum pesawat mendarat di Bandara Jeddah

Dalam keadaan suci, rombongan kemudian melakukan pemeriksaan imigrasi sekira dua jam hingga pukul 18.00 waktu Arab Saudi.

Perjalanan dilanjutkan ke Makkah menggunakan bus hingga satu setengah jam, dan cek in di Hotel Hilton Suites untuk menyimpan barang-barang dan makan malam.

Baru pada pukul 22.00 saya melakukan umrah yang dimulai dengan tawaf di Masjidil Haram.


Sebelum memulai tawaf, hati begitu bergetar saat melihat Kakbah. Cucuran air mata tidak bisa dibendung ketika pandangan pertama melihat kiblat umat Muslim di seluruh dunia itu.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Angka Pengangguran Kota Bandung Bertambah 3%

Jumat, 3 Desember 2021 | 10:50 WIB

Lokasi Ganjil Genap Bandung Ditambah, Catat Titiknya!

Kamis, 2 Desember 2021 | 13:02 WIB

Pedagang Kaki Lima: Dapat Durian Runtuh di Demo Buruh

Kamis, 2 Desember 2021 | 09:57 WIB

9.000 ODHA Belum Terdata Dinkes Kota Bandung

Rabu, 1 Desember 2021 | 14:41 WIB
X