Persib Ditantang Ikuti Jejak Bali United Melantai di Bursa Saham

- Kamis, 20 Juni 2019 | 17:53 WIB
Skuat Persib Bandung. (Irfan Al-Faritsi/Ayobandung.com)
Skuat Persib Bandung. (Irfan Al-Faritsi/Ayobandung.com)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM—Bali United resmi menjadi klub sepak bola pertama di Indonesia yang berstatus perusahaan publik setelah berhasil mencatatkan href="https://www.ayobandung.com/tag/-saham"> saham perdananya yang dilepas untuk publik di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak Senin (17/6/2019).

Bali United yang berada dalam naungan PT Bali Bintang Sejahtera Tbk (BOLA) tersebut, tercatat menawarkan href="https://www.ayobandung.com/tag/-saham"> saham perdananya senilai Rp175 per lembar lewat skema Initial Public Offering (IPO). Perusahaan melepas sekitar 33% sahamnya dan berhasil meraup kurang lebih Rp350 miliar dari hasil penjualan href="https://www.ayobandung.com/tag/-saham"> saham tersebut.

AYO BACA : Mark Zuckerberg Kembali Pimpin Facebook, Para Pemilik Saham Geram

Menanggapi hal ini, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan Hoesen mengatakan, aksi go public yang dilakukan Bali United patut dicontoh klub sepak bola maupun klub olahraga lainnya di Indonesia. Termasuk bagi href="https://www.ayobandung.com/tag/Persib">Persib yang merupakan salah satu klub sepak bola dengan basis pendukung terbesar se-Indonesia.

"Bali United saja sudah IPO. Coba panasin dong Bobotoh href="https://www.ayobandung.com/tag/Persib">Persib, supaya klubnya punya lebih banyak duit. Nanti bisa dipakai bikin stadion, berjualan tiket dan merchandise atau apapun," ungkapnya ketika ditemui di Kantor Regional 2 OJK Bandung, Jalan Ir. H. Juanda, Kamis (20/6/2019).

AYO BACA : Ingin Beli Saham? Tentukan Tujuan Investasi Sejak Dini

Dia mengatakan, skema pendanaan klub lewat berbagi kepemilikan href="https://www.ayobandung.com/tag/-saham"> saham dengan publik sudah banyak dilakukan klub-klub olahraga lainnya di negara-negara maju.

"Olahraga bisa jadi lebih menarik dengan skema ini, seperti di negara-negara maju, tim-tim basket di Amerika atau klub liga-liga sepak bola di Eropa bisa sejahtera," jelasnya.

Selain dapat menjadi sumber pemasukan klub yang dapat dikembangkan ke lini usaha lainnya, Hoesen menilai skema IPO dapat membantu para atlet fokus bermain tanpa perlu khawatir dengan hal administratif. Terlebih, rasa kepemilikan publik terhadap klub jagoannya pun dapat bertambah.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Vaksinasi Kota Bandung Capai 99 Persen

Senin, 6 Desember 2021 | 12:35 WIB

Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 6 Desember 2021

Senin, 6 Desember 2021 | 05:00 WIB

Lokasi Ganjil Genap Bandung dan Aturan Lengkapnya

Minggu, 5 Desember 2021 | 06:00 WIB
X