Cerita PD Kebersihan Angkut 2.200 Ton Sampah Saat Malam Takbiran

- Rabu, 19 Juni 2019 | 09:15 WIB
Direktur Umum PD Kebersihan Kota Bandung, Gun Gun Saptari Hidayat. (Dok. Humas Setda Kota Bandung)
Direktur Umum PD Kebersihan Kota Bandung, Gun Gun Saptari Hidayat. (Dok. Humas Setda Kota Bandung)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Sampah memang menjadi salah satu masalah perkotaan, terutama untuk wilayah kota yang padat dan sibuk seperti Kota Bandung. Dalam sehari, PD Kebersihan Kota Bandung mengangkut setidaknya 1.300 ton sampah dari seluruh wilayah.

Jumlah itu sempat meningkat 7,4 persen pada bulan Ramadan. Direktur Umum PD Kebersihan Kota Bandung, Gun Gun Saptari Hidayat mengungkapkan, hal itu sejalan dengan meningkatnya pola konsumsi warga Kota Bandung yang sebagian besar beragama Islam.

“Itu faktor budaya buka bersama dan jajan yang memang meningkatkan volume sampah,” ungkapnya dalam Bandung Menjawab di Media Lounge Balai Kota Bandung, Selasa (18/6/2019).

AYO BACA : Program Kang Pisman Dianggap Berperan Kurangi Timbunan Sampah Kota Bandung

Peningkatan itu mencapai titik puncak pada malam takbiran. Warga Kota Bandung dan wisatawan berbondong-bondong datang ke pusat keramaian. Sebagai antisipasinya, PD Kebersihan meningkatkan kesiagaan menghadapi melonjak jumlah sampah.

“Puncaknya di malam takbir, orang biasanya keluar, menikmati suasana menjelang idulfitri. Pada Hari Raya Idulfitri kami memutuskan untuk tidak libur,” katanya.

Gun Gun mengutarakan, ada 1.406 petugas yang bekerja di malam takbir. Mereka membersihkan sampah di titik-titik utama yang telah diprediksi akan menghasilkan sampah paling banyak. Di antaranya di Alun-alun Kota Bandung, Alun-alun Ujungberung, dan Taman Tegallega.

AYO BACA : Bank Sampah, Alternatif Mengubah Sampah Jadi Kerajinan

Karena pada hari lebaran, TPA Sarimukti ditutup, PD Kebersihan mengantisipasi dengan mengangkutnya lebih awal. Pada H-2, ada 1488 ton sampah yang diangkut ke Sarimukti. Pada H-1, jumlahnya melonjak menjadi 2.200 ton atau meningkat sekitar 98 persen. Hal itu untuk menghindari tumpukan sampah lebih banyak di hari lebaran. Karena pada hari lebaran, PD Kebersihan tidak mengangkut sampah.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 18 Januari 2022

Selasa, 18 Januari 2022 | 05:00 WIB

Jokowi ke Bandung Blusukan ke Pasar Sederhana

Senin, 17 Januari 2022 | 16:00 WIB
X