Stadion Sidolig, Tempat Latihan Persib Zaman Dulu

- Rabu, 19 Juni 2019 | 06:40 WIB
Tampak depan Lapangan Sidolig atau yang serang berganti nama menjadi Lapangan Persib Jalan Jendral Ahmad Yani No.252, Kacapiring, Kota Bandung, Selasa (18/6/2019). (Sheila Salsabila)
Tampak depan Lapangan Sidolig atau yang serang berganti nama menjadi Lapangan Persib Jalan Jendral Ahmad Yani No.252, Kacapiring, Kota Bandung, Selasa (18/6/2019). (Sheila Salsabila)

BATUNUNGGAL, AYOJAKARTA.COM--Sepak bola merupakan olahraga yang banyak diminati oleh semua kalangan, Kota Bandung memiliki klub kebanggaan yaitu Persib Bandung. Mendengar Persib Bandung tentu kalian tidak akan pernah lupa dengan stadion yang dulu sering digunakan Persib latihan dong. 
 
Stadion ini menjadi saksi perjalanan klub yang bediri sejak tahun 1933. Ya, Stadion Sidolig atau yang sekarang berganti nama menjadi Stadion Persib. Stadion ini terletak di Jalan Jendral Ahmad Yani No.252, Kacapiring, Kota Bandung.
 
“Berdirinya Stadion Sidolig ini pada tahun 1903 oleh Mr.Frans Sidolig,” ujar Dana (74) selaku pengelola Stadion Sidolig saat ditemui di Stadion Sidolig, Selasa (18/6/2019).
 
Mengenal Sidolig, singkatan dari Sidolig sendiri adalah “Sport in de Openlucht is Gezond” yang dalam bahasa Indonesia berarti “Olahraga di udara terbuka adalah sehat. Dulu, stadion ini digunakan oleh klub bernama UNI dan Sparta.
 
“Persib menggunakan stadion ini hanya untuk latihan, tetapi sudah hampir empat sampai lima tahun Persib tidak latihan disini, saat ini yang digunakan oleh Persib hanyalah mesnya saja” katanya.
 
Dari dulu hingga sekarang sudah terjadi beberapa kali renovasi dan penambahan-penambahan bangunan secara bertahap, seperti pembangunan tribun dan juga pembangunan untuk Tim Persib  yang hingga kini masih digunakan oleh Tim Persib Bandung.
 
“Sekarang ini Lapang Sidolig di pakai latihan oleh Sekolah Sepak Bola (SSB) Tingkat Kota Bandung, Juga akademi Persib maupun diklat Persib,” lanjutnya.
 
Kenapa Persib tidak lagi latihan di Sidolig lagi? Karena dengan kondisi lapangan yang tidak mendukung jadi Tim Persib Bandung memilih latihan di lapang lain.
 
Sekarang apabila kalian datang ke Sidolig, kalian akan disambut oleh ruko-ruko yang berjualan baju-baju Persib selain baju juga ada Mie Kocok yang terkenal yang diberi nama Mie Kocok Persib. 

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

X