Jukoi, Budidaya Ikan Koi di Bandung yang Berdayakan Pemuda

- Selasa, 9 April 2019 | 10:43 WIB
Kiki Wahyu Komara (32) penggagas berdirinya Jukoi. (Humas Setda Kota Bandung)
Kiki Wahyu Komara (32) penggagas berdirinya Jukoi. (Humas Setda Kota Bandung)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Beragam cara ditempuh untuk memberdayakan pemuda, termasuk lewat usaha pembudidayaan ikan koi. 

Hal inilah yang dilakukan Kelompok Budidaya Ikan Koi href="https://www.ayobandung.com/tag/Jukoi">Jukoi. Meski baru berjalan empat bulan, geliat Kelompok Budidaya Ikan Koi href="https://www.ayobandung.com/tag/Jukoi">Jukoi tak bisa dipandang sebelah mata. Kegiatan budidaya ikan koi ini telah menyuplai hasil ternaknya sampai ke daerah Tanggerang, Banten.

Adalah Kiki Wahyu Komara (32) penggagas berdirinya href="https://www.ayobandung.com/tag/Jukoi">Jukoi. Kiki merupakan Ketua RW 10 Keluarahan Cijawura, Kecamatan Buahbatu, Bandung. Dia melihat adanya potensi besar dari pemuda-pemudi di sekitar tempat tinggalnya. 

AYO BACA : Sekda Jabar Cari Kerja Sama CSR untuk Keruk Pelabuhan Ikan Cisolok --------- Artikel ini sudah Terbit di AyoBandung.com, dengan Judul Sekda Jabar Cari Kerja Sama CSR untuk Keruk Pelabuhan Ikan Cisolok, pada URL https://www.ayobandung.com/read/2019/04/03/48696/sekda-jabar-cari-kerja-sama-csr-untuk-keruk-pelabuhan-ikan-cisolok Penulis: Nur Khansa Ranawati Editor : M. Naufal Hafiz

“Kebetulan saya melihat anak-anak banyak yang belum memiliki pekerjaan. Jadi, sebagai cara memberdayakan pemuda, maka saya bentuk kegiatan ini,” ujar Kiki seperti dalam keterangan resmi yang diterima Ayobandung.com.

Kelompok href="https://www.ayobandung.com/tag/Jukoi">Jukoi mendistribusikan hasil budidaya ikan koi menggunakan metode dalam jaringan (daring).

“Biasanya kita jual di media sosial, atau masuk ke grup Whatsapp penggemar ikan koi,” ujar Kiki.

AYO BACA : Pemilu di Musim Panen Ikan, Nelayan Cianjur Lebih Pilih Melaut --------- Artikel ini sudah Terbit di AyoBandung.com, dengan Judul Pemilu di Musim Panen Ikan, Nelayan Cianjur Lebih Pilih Melaut, pada URL https://www.ayobandung.com/read/2019/04/07/49012/pemilu-di-musim-panen-ikan-nelayan-cianjur-lebih-pilih-melaut Penulis: Fira Nursyabani Editor : Fira Nursyabani

Harga yang dipatok bervariatif. Kiki menyebut, besaran harga yang dijual tergantung pada ukuran ikan koi.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

X