SeedPlant, Aplikasi Rekomendasi Bercocok Tanam

- Jumat, 25 Januari 2019 | 09:25 WIB
Ketiga mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta yang berhasil meraih juara pertama dalam ajang Hackathon 2019: HACKBDGWEATHER, Kamis (24/1/2019). (Fathia/ayobandung.com)
Ketiga mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta yang berhasil meraih juara pertama dalam ajang Hackathon 2019: HACKBDGWEATHER, Kamis (24/1/2019). (Fathia/ayobandung.com)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM--Orang tua dari Diffa Dwi Desyawan (20) memiliki lahan kosong yang tak digunakan. Padahal, kalau tanah tersebut ditanami, akan lebih menguntungkan. Sayangnya, ketika dia ingin menanam pohon, keraguan terus mendera lantaran tidak tahu pohon seperti apa yang pantas buat ditanam.

"Lalu kami mencoba riset baca-baca, ternyata kalau misalnya faktor cuaca itu sangat mempengaruhi pertumbuhan satu tanaman," katanya, dalam kompetisi Hackathon 2019, Kamis (24/1/2019). 

Oleh karena itu, Diffa bersama Rahmat Aziz dan Riski Midi membuat sebuah aplikasi guna mengetahui rekomendasi tanaman yang sesuai di lokasi tertentu.

Mahasiswa Teknik Informatika UPN Veteran Yogyakarta itu lantas membuat aplikasi bernama Seedplant. Melalui ajang Hackathon 2019 :HACKBDGWEATHER, timnya mampu menyabet juara pertama. 

AYO BACA : Tempat Wisata Ini Ajak Masyarakat Tanam Kurma dengan Benar

Seedplant hadir untuk memberikan kemudahan bagi petani atau awam yang ingin bercocok tanam. Khususnya buat orang-orang yang tidak terlalu paham soal tanaman, Seedplant mampu merekomendasikan tumbuhan yang cocok untuk di tanam di tanah sendiri. 

"Kalau misalnya ingin bercocok tanam, itu kan harus memperkirakan atau mengetahui cuaca di lokasi tersebut," ujar Diffa.

Sebuah tanaman akan tumbuh dengan baik jika dilatarbelakangi dengan ketinggian dan suhu yang baik pula. Namun, tidak semua memahami perkara tersebut lantas tumbuhan tak jarang lambat berkembang bahkan dihinggap kematian.

Aplikasi yang dikembangkan oleh ketiga mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta ini dapat merekomendasikan tanaman yang cocok saat pengguna memilih lokasi. Secara otomatis, sistem akan memberikan jawaban atas tanaman yang pantas diladangi. 

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 9 Desember 2021

Kamis, 9 Desember 2021 | 05:00 WIB
X