Ini Pemenang Hackathon 2019

- Kamis, 24 Januari 2019 | 21:00 WIB
Para pemenang Hackathon 2019: HACKBDGWEATHER. (Fathia/ayobandung.com)
Para pemenang Hackathon 2019: HACKBDGWEATHER. (Fathia/ayobandung.com)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM--Hackathon 2019 kembali digelar yang merupakan ajang pengembangan teknologi, dengan mengembangkan teknologi IP Weather.

Mereka dituntut untuk berinovasi  dan menciptakan ide-ide berbasis teknologi informasi untuk menyelesaikan permasalahan yang membutuhkan data cuaca. 

Perangkat IP Weather merupakan alat untuk mencatat data terkait cuaca berupa temperatur suhu, kelembaban udara, curah hujan, kecepatan angin, radiasi matahari dan sinar UV.

Perangkat yang sudah terpasang di beberapa titik kelurahan dan kecamatan akan mentransfer data cuaca ke Weather Station APl (API). Dari IP tersebut,  data-data cuaca di Kota Bandung dapat tersaji  secara realtime. 

"Setiap data dapat disaring berdasarkan sensor dan waktu yang diinginkan," kata Chief Operating Officer CBN, Marcelus Ardiwinata, Kamis (24/1/2019).

Sebanyak 38 developer muda dari seluruh Indonesia mengikuti ajang  yang digelar oleh PT Cyberindo Aditama (CBN) bersama PT Mega Akses Persada (FiberStar). Kompetisi ini juga  didukung oleh Dinas Komunikasi & lnformatika (Diskominfo) Kota Bandung dan Diskominfo Jawa Barat  ini menyeleksi peserta hingga dipilih menjadi 15 tim. 

Hackathon 2019 ini digelar sejak tanggal  23-24 Januari 2019 di Block71 Bandung. Setiap tim berlomba membuat sebuah aplikasi yang dapat menjadi kemudahan baru bagi masyarakat khususnya bertema cuaca. 

"Yang tentunya dapat dikembangkan untuk kebutuhan masyarakat," katanya. 

Kompetisi ini merupakan bentuk lanjutan dari program Corporate Social Responsibility (CSR) dari CBN dan FiberStar yang telah memberikan sejumlah perangkat IP Weather kepada Pemerintah Kota Bandung dalam upaya peningkatan kualitas Bandung Smart City. Sebagai pilot project, perangkat IP Weather sudah terpasang di beberapa titik kelurahan maupun kecamatan di Kota Bandung, Jawa Barat.

Untuk mewujudkan kota pintar maupun desa pintar, Kota Bandung memerlukan partisipasi dan keterlibatan masyarakat. Melalui ajang ini, Hackathon dapat memberikan contoh terkait menghimpun keterlibatan masyarakat dan memunculkan  penemu-penemu muda. 

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 9 Desember 2021

Kamis, 9 Desember 2021 | 05:00 WIB
X