Preman Tobat: Iskandar Bule, Manusia Tersangar di Bandung Tempo Dulu (Bag. 1)

- Senin, 5 November 2018 | 14:45 WIB
Iskandar Bule (ayobandung.com/Eneng Reni)
Iskandar Bule (ayobandung.com/Eneng Reni)

ANTAPANI, AYOBANDUNG.COM—Bandung dikenal sebagai kota yang dihuni banyak preman. Salah satu televisi swasta nasional bahkan mengangkat cerita berjudul "Preman Pensiun" dengan latar belakang Kota Kembang.

Berkenaan dengan hal tersebut, Ayobandung.com berinisiatif mengulas kehidupan para preman Bandung, yang saat ini benar-benar pensiun dalam laporan khas bertajuk Preman Tobat.

Tulisan ini kami dedikasikan untuk menginspirasi warga Kota Bandung, bahwa siapa pun bisa berubah menjadi baik. Berikut hasil reportase reporter kami, Eneng Reni Nuraisyah Jamil:

Sore itu, semilir angin menerpa wajah ketika memasuki lingkungan Masjid Madinah, Jalan Depok Raya, Antapani, Bandung. Para santri terlihat lalu-lalang di halaman saat saya tiba, Minggu (4/11/2018) pukul 14.00 WIB. Rupanya para santri ini hendak tadarus sebelum azan Asar berkumandang.

Tak lama usai jemaah bubar salat Asar, saya mendatangi orang yang saya tunggu. Selang beberapa menit, seorang pria berparas bule dan berjanggut panjang keluar dari ruangan yang tidak begitu besar di lingkungan masjid. Ya, dia adalah Iskandarsyah Berian, Isbul (Iskandar Bule) atau kang Is.

Usai memperkenalkan diri, saya disambut hangat bak anak sendiri. Dengan ramah, Kang Is menawarkan kopi sebelum berbincang. Pasalnya, pertemuan saya kali ini adalah untuk mengenal Kang Is lebih jauh dan berbagi kisah tentang sisi kelam yang pernah dijalaninya.

Awal perbincangan dengan Kang Is cukup menarik. Kami sempat bercerita ngalor-ngidul tentang kehidupan masing-masing, sebelum berbincang lebih jauh soal sisi kelam sang preman pensiun itu.

AYO BACA : Agar Tetap Sehat Lansia Harus Hindari Rasa Kesepian

Mengawali perbincangan, Kang Is mengaku tak banyak yang dilakukannya saat ini. Saban hari Kang Is hanya menghabiskan waktu di Masjid Madinah untuk mendekatkan diri pada Sang Pencipta.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

X