NU Jabar: Sukmawati Ceroboh

- Rabu, 4 April 2018 | 20:31 WIB
Sukmawati Soekarno Putri. (Antara)
Sukmawati Soekarno Putri. (Antara)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Nahdlatul Ulama Jawa Barat menyayangkan puisi berjudul "Ibu Indonesia" yang dibacakan Sukmawati Soekarno Putri dalam acara "29 Tahun Anne Avanti Berkarya" di ajang Indonesian Fashion Week 2018, akhir Maret lalu.

"Sungguh suatu tindakan yang ceroboh. Jika merasa sebagai budayawati seharusnya dia lebih peka dalam membaca situasi bangsa Indonesia," ujar Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jabar, Hasan Nuri Hidayatullah, Rabu (4/4/2018).

Pria yang akrab disapa Gus Hasan tersebut menilai, membandingkan antara lantunan azan dengan kidung merupakan tindakan yang tidak tepat. Azan merupakan bagian dari syariat Islam walau lantunannya dapat disesuaikan sesuai budaya setempat.

"Perbandingan itu sangat tidak tepat dan tendensius. Apalagi pengungkapannya secara terbuka di tengah masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim," ujar Gus Hasan.

Sukmawati sendiri telah memberikan klarifikasi dan permintaan maaf terkait puisinya tersebut. Dia mengatakan, "Ibu Indonesia" merupakan bentuk ekspresi dan opini yang lahir dari realitas. Namun dia tidak pernah bermaksud untuk menyinggung masalah SARA. 

Editor: Andri Ridwan Fauzi

Tags

Terkini

Vaksinasi Kota Bandung Capai 99 Persen

Senin, 6 Desember 2021 | 12:35 WIB

Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 6 Desember 2021

Senin, 6 Desember 2021 | 05:00 WIB

Lokasi Ganjil Genap Bandung dan Aturan Lengkapnya

Minggu, 5 Desember 2021 | 06:00 WIB
X