Perbedaan Tindak Premanisme di Empat Negara Asia Tenggara

- Selasa, 27 Maret 2018 | 06:50 WIB
antropolog dari Universitas Kyoto Jepang, Profesor Okamoto Masaaki. (Arfian Jamul/ayobandung)
antropolog dari Universitas Kyoto Jepang, Profesor Okamoto Masaaki. (Arfian Jamul/ayobandung)

KEBON PISANG, AYOBANDUNG.COM--Dalam beberapa kajian ilmu sosial disebutkan bahwa salah satu dampak dari kesenjangan sosial adalah tumbuhnya premanisme di masyarakat  yang menyebabkan protes dan ketidakpuasan individu atau kelompok.

Fenomena tersebut tidak hanya terjadi di Indonesia tapi juga di hampir seluruh dunia. Asia Tenggara menjadi salah satu kawasan strategis dari pendirian gerakan premanisme berbalut organisasi masyarakat. Penyebabnya karena Asia Tenggara dihuni oleh mayoritas negara berkembang. 

"Ormas itu semua resmi tapi sebagian kegiatan bersifat ilegal. Di Malaysia ada perjudian dan sebagainya, itu dibina," ujar antropolog dari Universitas Kyoto Jepang, Profesor Okamoto Masaaki di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung pada Senin (26/3/2018).

Lebih lanjut Okamoto memberikan perbedaan mendasar dari setiap kegiatan premanisme di empat negara Asia Tenggara yakni Malaysia, Thailand, dan Indonesia. 

Di Malaysia kegiatan premanisme dibina dan dirangkul dengan baik oleh pemerintah. Tujuannya agar perjalanan bisnis mereka dapat dikendalikan secara sistemik. Terdapat 40.313 anggota dari 49 kelompok yang berdiri berdasarkan etnis. Etnis asal India menjadi kelompok yang paling kuat. 

"Bahkan Wakil Menteri Luar Negeri Malaysia pernah mengatakan bahwa antara polisi dan geng saling melakukan kerja sama karena memiliki tujuan yang sama," ujar Okamoto.

AYO BACA : Perkembangan Premanisme di Indonesia Pascareformasi

Sementara di Thailand kelompok premanisme dikenal dengan sebutan Chao Pao. Pada awalnya Chao Pao menjadi tangan kanan militer Thailand dalam menjaga keamanan domestik. Namun setelah Thailand dikuasai oleh pemerintahan militer, kehadiran Chao Pao menjadi ilegal dan diburu.

Kasus yang dialami Chao Pao serupa dengan kelompok Yakuza di Jepang. Pada awalnya, Yakuza Jepang menjalin komunikasi dan kerja sama sinergi dengan pemerintah, salah satunya untuk memberantas komunis hingga keberadaan kelompok premanisme dari Tiongkok dan Korea. 

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Vaksinasi Kota Bandung Capai 99 Persen

Senin, 6 Desember 2021 | 12:35 WIB

Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 6 Desember 2021

Senin, 6 Desember 2021 | 05:00 WIB

Lokasi Ganjil Genap Bandung dan Aturan Lengkapnya

Minggu, 5 Desember 2021 | 06:00 WIB
X