Sukajadi, Daerah Paling Sedikit PMKS Tapi Jadi Kampung Pengemis

- Rabu, 21 Februari 2018 | 18:36 WIB
Ilustrasi. (pixabay.com)
Ilustrasi. (pixabay.com)

SUKASARI, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Sosial Kota Bandung mengungkapkan, Jalan Sukajadi dan Cipaganti menjadi kawasan dengan jumlah penyebaran Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) paling sedikit. 

PMKS memiliki beberapa jenis dan kategori seperti tuna susila, anak jalanan, pengemis, penyandang disabilitas, korban bencana alam, dan lainnya.

"Kalau daerah yang tentram (dari PMKS) sejauh ini adalah Sukajadi, Cipaganti hingga Cidadap. Tapi itu selain dari terminal ya. Secara umum daerah yang sedikit PMKS adalah kawasan elit," ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Kota Bandung, Handiyan kepada ayobandung, Rabu (21/2/2018).

Meski menjadi kawasan paling minim tingkat penyebaran PMKS, tapi Sukajadi menjadi tempat bermukimnya pengemis di Kota Bandung.

Tepatnya berada di Gang Asli Atas di Kelurahan Sukabungah. Beberapa pengemis lain juga bermukim di kamar kos yang berada di kawasan Cipedes. Maka wajar jika tempat tersebut dikenal dengan nama Kampung Pengemis.

"Beberapa kamar kos memang ditempati oleh pengemis. Jumlahnya ada belasan hingga puluhan kepala keluarga. Ini sudah berlangsung lama sejak saya remaja. Sekitar belasan tahun lalu," ujar Opang, salah satu warga setempat. 

Editor: Andri Ridwan Fauzi

Tags

Terkini

Sah! Kota Bandung Deklarasi Jadi Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:30 WIB

Pemusnahan Sabu 1,196 Ton Dilakukan di 2 Tempat

Kamis, 19 Mei 2022 | 16:39 WIB
X