Kunjungi Meksiko dan Ekuador, Emil Bakal Bangun Little Bandung

- Senin, 14 Agustus 2017 | 17:53 WIB
Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil. (Instagram)
Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil. (Instagram)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Selama satu pekan, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berkesempatan mengunjungi beberapa kota di Amerika Selatan seperti Mexico City dan Cuenca di Ekuador. 

Kunjungan tersebut terealisasi karena Bandung merupakan satu dari 10 kota di dunia yang terpilih sebagai percontohan mengenai road safety. Seperti diketahui bila Kota Bandung dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas hingga 20 persen. 

Walaupun mengalami penurunan cukup signifikan, namun kecelakaan lalu lintas di Kota Bandung didominasi oleh pengguna kendaraan bermotor roda dua dengan angka sebesar 70 persen. 

"Jadi kesimpulannya ancaman terbesar kecelakaan lalu lintas di Kota Bandung terjadi berkat pengendara motor sebagai penyumbang terbesar," ujar Emil di Pendopo Bandung pada Senin (14/8/2017).

Dalam kunjungannya ke Meksiko, Emil bakal membicarakan beberapa butir kerjasama. Salah satunya menyangkut pengelolaan transportasi kota. Soalnya sistem trans metro bus di Meksiko merupakan yang terbaik di dunia.

Untuk itu, Emil meminta Dinas Perhubungan Kota Bandung untuk mencontoh pola yang diterapkan di Meksiko dalam Trans Metro Bandung (TMB). Namun karena volume jalan di Kota Bandung relatif kecil, maka ukuran bus perlu disesuaikan. 

Pemerintah Mexico City dapat merubah pola masyarakat yang sebelumnya lebih gemar menggunakan kendaraan pribadi lalu beralih pada transportasi umum kota. "Karena (transportasi umum) di Meksiko nyaman dan halte banyak sekali jadi mudah. Kelihatannya akan kita coba itu di Jalan Soekarno Hatta walaupun itu jalan nasional," ujar Emil.

Selain itu, Emil bakal menjajaki kerjasama sister city dengan Kota Cuenca di Ekuador. Hal tersebut dilakukan karena Bandung memiliki kesamaan dengan Cuenca dari sisi kreatifitas dan pengelolaan sampah. 

Emil juga telah menjalin negosiasi perihal pembukaan usaha kecil dan menengah (UKM) khas Bandung. Emil mengklaim bila kini tahapan tinggal mengirim barang ke Amerika Selatan karena segala aspek sudah tersedia.

Halaman:

Editor: Asri Wuni Wulandari

Tags

Terkini

Ratusan Anak di Kota Bandung Jadi Yatim Piatu

Kamis, 23 September 2021 | 12:19 WIB

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Bandung 23 September 2021

Kamis, 23 September 2021 | 05:30 WIB

Cuaca Bandung Hari Ini, Cerah Berawan Sepanjang Hari

Kamis, 23 September 2021 | 05:00 WIB

Kecepatan Vaksinasi Harian Jabar Terus Naik

Rabu, 22 September 2021 | 19:37 WIB

Pemprov Jabar Vaksinasi Warga secara Door To Door

Rabu, 22 September 2021 | 19:35 WIB

Pemulihan Ekonomi, Jabar Gali Pengetahuan Pasar Ekspor

Rabu, 22 September 2021 | 19:32 WIB

Jabar Masif Vaksinasi, Warga Bisa Vaksin di Bidan Desa

Rabu, 22 September 2021 | 19:29 WIB
X