Perahu Besi Ini Terpendam Puluhan Tahun di Dasar Cileunca

- Jumat, 25 Desember 2015 | 19:34 WIB
KARAM : Kapal besi ini karam, di dalam Situ Cileunca di Kecaman Pangalengan Kabupaten Bandung. (Danzea/AyoBandung)
KARAM : Kapal besi ini karam, di dalam Situ Cileunca di Kecaman Pangalengan Kabupaten Bandung. (Danzea/AyoBandung)

 

BANDUNG,AYOBANDUNG.COM - Situ Cileunca di Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, mulai dibangun pada 1919 dan selesai tujuh tahun kemudian.

Pada awal dibangun, sebuah perahu yang membawa rombongan warga Belanda yang berjumlah 40 orang, dikabarkan tenggelam tenggelam di tengah-tengah situ Cileunca.

Sebagai situ atau danau yang dibangun oleh Bangsa Belanda, cerita meninggalnya rombongan warga Belanda hanya menjadi mitos belaka, namun kebenaran dari cerita tersebut kembali muncul setelah pada 19 November, lalu sebuah perahu dari logam ditemukan di dasar situ.

" Bulan lalu karena ada perbaikan bangunan bendungan, situ Cileunca surut, ketemulah perahu dari besi di dasar situ, " tutur Tokoh Masyarakat Kampung Cibeunying, Desa Warnasari Kecamatan Pangalengan dimana tempat Perahu ditemukan, Dedi Sandi (43) ketika diwawancara, Jumat (25/12/2015).

Awalnya, warga merasa penasaran dengan sebuah benda yang mirip dengan perahu terlihat diantara kubangan lumpur. Ketika didatangi, ternyata benda tersebut merupakan bagian atas perahu yang terbuat dari logam.

Warga kemudian mengangkat perahu dengan panjang 1,8 meter tersebut. Dengan menggunakan sling kawat, mereka menyerat perahu berbobot 500kg tersebut ke tepi Situ dan disimpan di Camp Ground Citere.

Menurut Dedi, lokasi tersebut merupakan bekas hotel pada zaman penjajahan dan kemunkinan besar tempat perahu berasal.

Perahu ini sebagian besar terbuat dari besi, disambungkan dengan ratusan pasak besi. Pada bagian paling bawahnya terdapat kayu jati untuk mendarat. Di pinggirannya terdapat pegangan besi dan rantai. Diduga, perahu yang ditemukan hanya potongannya saja.

Halaman:

Editor: Yatti Chahyati

Tags

Terkini

Vaksinasi Kota Bandung Capai 99 Persen

Senin, 6 Desember 2021 | 12:35 WIB

Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 6 Desember 2021

Senin, 6 Desember 2021 | 05:00 WIB

Lokasi Ganjil Genap Bandung dan Aturan Lengkapnya

Minggu, 5 Desember 2021 | 06:00 WIB
X