Janji Anggaran Gedung DPRD KBB Ditagih Komisi III, Antisipasi Mangkrak!

- Rabu, 25 Agustus 2021 | 19:34 WIB
Komisi III mendorong Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) menagih janji Pemprov Jabar untuk terlibat pembiayaan pembangunan gedung DPRD. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Komisi III mendorong Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) menagih janji Pemprov Jabar untuk terlibat pembiayaan pembangunan gedung DPRD. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM — Komisi III mendorong Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) menagih janji Pemprov Jabar untuk terlibat dalam pembiayaan pembangunan gedung DPRD di Mekarsari, Ngamprah, yang sudah setahun lebih mangkrak. 

"Harus diakui kekuatan APBD kita sangat minim akibat refocusing anggaran dan pandemi COVID-19. Jadi sangat rasional Pemda minta support anggaran ke provinsi untuk menyelesaikan pembangunan gedung DPRD," kata Ketua Komisi III DPRD KBB, Iwan Ridwan, Rabu 25 Agustus 2021. 

Iwan mengatakan, berdasarkan kontrak pembangunan gedung DPRD tersebut harus selesai di tahun 2021. Namun melihat kondisi saat ini dan keterbatasan anggaran penyelesaian yang ada, pihaknya cukup pesimistis target tersebut tercapai.

Terkecuali, kata dia, pihak Pemprov Jabar mau mengucurkan bantuan anggaran sekitar Rp40-50 miliar untuk menyelesaikannya. Karena alokasi anggaran Rp5 miliar di APBD KBB tahun ini murni hanya digunakan untuk pemeliharaan. Sementara jika mengandalkan anggaran APBD KBB perubahan juga akan sangat sulit. 

"Ya kalau misalnya Pemprov gak ngasih, mau gak mau, paling mengandalkan di APBD perubahan, walau nilainya pasti tidak akan cukup untuk menyelesaikan pembangunan," kata Iwan. 

Namun melihat komunikasi yang inten antara Plt Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan dan Gubernur Ridwan Kamil, pihaknya berharap ada perhatian khusus dari Pemprov Jabar ke KBB. Walaupun sempat diyakini awalnya ada MoU pembangunan gedung DPRD KBB yang pendanaannya oleh pemprov 70 persen dan KBB 30 persen.

"Informasinya ada MoU itu, tapi saya tidak menerima dan membaca surat tersebut. Jadi kalau bicara pahitnya, pemprov tidak membantu ya ngandelin APBD. Yang penting gedung itu bisa dipakai sementara, sehingga nanti ada alokasi anggaran untuk pemeliharaan," tuturnya. 

Baca Juga: Pembangunan Gedung DPRD KBB Mangkrak, Pemda KBB Diminta Jelaskan Soal Lari Anggaran

Iwan mengakui, jika pembangunan gedung DPRD itu membutuhkan biaya Rp142 miliar. Jika gedung tersebut beres, maka kegiatan rapat pembahasan Perda atau Paripurna yang selama ini kerap dilakukan di hotel, bisa dihapuskan sehingga menghemat anggaran.      

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rumah Retak Akibat Blasting PT KCIC Ditinjau KLHK

Jumat, 22 Oktober 2021 | 19:44 WIB

Pengendara Motor di Lembang Terseret Banjir 

Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:08 WIB
X