Nasib Ratusan Taman Bandung Selama PPKM, Bangku Dicorat-coret, Lampu Taman Dicuri

- Selasa, 24 Agustus 2021 | 14:03 WIB
Taman Bandung ditutup selama PPKM. (Ayobandung.com/Irfan Al Faritsi)
Taman Bandung ditutup selama PPKM. (Ayobandung.com/Irfan Al Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 733 taman Bandung ditutup selama masa PPKM darurat/level 4. Meski perawatan dan pemeliharaan terus dilakukan, namun kondisinya kini banyak yang mengenaskan.

Kepala Bidang Pertamanan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan Kota Bandung (DPKP3) Kota Bandung Rikke Siti Fatimah menjelaskan, meski ditutup, kerusakan di taman Bandung tetap terjadi akibat vandalisme dan kurangnya kepatuhan masyarakat dalam menjalankan aturan tertulis di area taman.

Banyak masyarakat menginjak tanaman untuk memaksa masuk ke dalam taman, dinding dan bangku taman dicoret, serta lampu taman hilang diambil oknum warga.

"Masih terjadi juga aksi pencurian lampu taman juga pencurian tutup dari tempat sampah masih terjadi meski taman ditutup," ujarnya, dalam Bandung Menjawab, Selasa, 24 Agustus 2021.

Meski begitu, sebanyak 327 personel gabungan untuk pemeliharaan taman terus berupaya menjaga kondisi taman dan fasilitas publik.

Rikke menyampaikan selain pemasangan CCTV di area taman tematik, koordinasi dengan pihak Satpol PP, Linmas di Kewilayahan juga senantiasa dilakukan.

"Bahkan untuk Babinkamtibmas kami libatkan dalam pengawasan fasilitas publik agar tidak dirusak oleh masyarakat," tambahnya.

Terkait sanksi bagi pelaku perusakan, ia menyampaikan masih dalam bentuk imbauan dan edukasi yang biasanya ditempel di papan informasi.

"Bentuknya memang belum ada sanksi moral atau sanksi berupa denda hanya baru berupa edukasi berupa imbauan dan teguran kepada masyarakat yang didapati merusak fasilitas," paparnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X