Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat, Ini 5 Obat Alaminya!

- Selasa, 24 Agustus 2021 | 12:20 WIB
Ilustrasi -- cara menurunkan kolesterol. (Pixabay)
Ilustrasi -- cara menurunkan kolesterol. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Cara menurunkan kolesterol sebetulnya gampang-gampang susah. Pasalnya, kolesterol dibutuhkan tubuh untuk membangun sel-sel tubuh yang sehat dan menghasilkan hormon.

Akan tetapi, kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke. Pahami cara menurunkan kolesterol dengan mudah secara alami melalui pola makan dan gaya hidup sehat.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan endapan lemak di dalam pembuluh darah. Endapan ini akan menghambat aliran di pembuluh darah arteri. Akibatnya, organ-organ penting di dalam tubuh tidak mendapatkan cukup asupan darah yang kaya akan oksigen.

Baca Juga: Subway Indonesia Akhirnya Hadir, di Mana Lokasinya?

Endapan lemak di pembuluh darah juga meningkatkan risiko seseorang mengalami serangan jantung, penyakit jantung koroner, angina, dan gagal jantung. Sementara itu, berkurangnya aliran darah ke otak dapat menyebabkan stroke.

Kebanyakan orang dengan kolesterol tinggi memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya sering mengonsumsi makanan berlemak jenuh, mengonsumsi minuman beralkohol, merokok, dan jarang berolahraga. Meski demikian, kolesterol tinggi juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan, alias mewarisinya dari orang tua.

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Mudah

Dinukil Alodokter.com, bagi penderita kolesterol tinggi, kadar kolesterol bisa diturunkan dengan cara memperbaiki gaya hidup yang tidak sehat, di antaranya:

  • Memangkas lemak jenuh dan lemak trans

Lemak jenuh banyak terdapat pada jeroan, gorengan, makanan cepat saji, dan daging olahan. Sedangkan lemak trans biasanya terkandung dalam margarin dan kue. Untuk menurunkan kadar kolesterol, Anda disarankan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung lemak sehat.
Studi mengungkapkan, konsumsi lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) pada penderita kolesterol tinggi. Sementara itu, lemak sehat juga dapat menurunkan kolesterol sekaligus mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung koroner. Oleh karena itu, mulailah mengurangi konsumsi jenis makanan yang meningkatkan kolesterol dan memperbanyak makanan yang menurunkan kadar kolesterol.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus Covid Bandung Hari Ini Melonjak

Rabu, 19 Januari 2022 | 13:51 WIB

Antisipasi Omicron, ASN Bandung WFH Lagi?

Rabu, 19 Januari 2022 | 12:07 WIB
X