Situ Ciburuy Surut, Warga dengan Mudah Berburu 'Harta Karun'

- Jumat, 20 Agustus 2021 | 09:11 WIB
Seorang nelayan sedang berupaya menjaring ikan di Situ Ciburuy, Kabupaten Bandung Barat. (Suara.com/Ferrye Bangkit Rizky)
Seorang nelayan sedang berupaya menjaring ikan di Situ Ciburuy, Kabupaten Bandung Barat. (Suara.com/Ferrye Bangkit Rizky)

PADALARANG, AYOBANDUNG.COM -- Matahari yang bersinar terik membakar kulit Dedi yang semakin keriput dimakan waktu. Sambil menenteng ember kecil berisikan jaring dan dayung, ia berjalan ke arah Situ Ciburuy yang kian menyusut.

Pria 42 tahun asal Kampung Sadang Wetan RT 01/16, Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) itu kemudian menaiki rakit bambu sederhana miliknya. Ia berlayar menyusuri situ yang melegenda itu.

Dedi mulai mendayung perlahan dan jaringan yang ditentengnya mulai ia gunakan untuk menangkap "harta karun" berupa ikan. Teriknya matahari pada sekitar pukul 13.00 WIB bukan jadi penghalang.

Sebab di musim kemarau seperti inilah waktunya Dedi dan puluhan warga lainnya menjadi nelayan musiman dengan mencari ikan.

Debit air Situ Ciburuy sudah surut sejak beberapa bulan lalu. Fenomena ini menjadi kesempatan untuk mendapat hasil tangkapan yang cukup banyak.

"Saya biasanya memang mulai nyari ikan pagi sampai siang. Atau enggak siang ke sore," tutur Dedi kepada Suara.com.

Baca Juga: Situ Ciburuy Kering, Disulap Warga Jadi Lapangan Sepak Bola

Dedi terus mendayung rakitnya menjauhi bantaran Situ Ciburuy. Dari kejauhan terlihat teman-temannya sudah mencari "harta karun" terlebih dulu berupa ikan nila menggunakan jaring atau jala.

Sesekali mereka menenggelamkan tubuh ke dalam air yang hangat tersengat sinar matahari. Kedalamannya disebut menyisakan sekitar 1 meter saja dikarenakan debit airnya terus menyusut dimakan kemarau.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Irigasi Meluap, 8 Rumah di Ngamprah Terendam Banjir

Jumat, 26 November 2021 | 18:33 WIB

Usulan UMK KBB 2022 Naik 7 Persen, Ini Komentar Apindo

Kamis, 25 November 2021 | 19:19 WIB
X