Kampanye Lestarikan Kars Citatah, Bendera Merah Putih Raksasa Dikibarkan di Gunung Hawu

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 13:40 WIB
Bendera Merah Putih Raksasa Dikibarkan di Gunung Hawu. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Bendera Merah Putih Raksasa Dikibarkan di Gunung Hawu. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

PADALARANG, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah warga menggelar upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke-76, di tebing Gunung Hawu di Kampung Cidadap, Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa 17 Agustus 2021.

Dalam kesempatan itu warga mengibarkan bendera merah putih raksasa berukuran 10x15 meter yang dilakukan delapan orang pemanjat tebing. Selain peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia, pengibaran bendera di kompleks kars Citatah itu sebagai bentuk kampanye pelestarian lingkungan.

"Hari ini, kita bersama memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76 dengan cara kita. Kenapa kita menggelar di atas Tebing Hawu ini? Karena kita memiliki harapan Tebing Hawu dan kars Citatah dilestarikan dan dirawat sebagai warisan batu purba," kata pengelolaan objek wisata Tebing Hawu, Hasan Husaeri.

Baca Juga: Curhat Tukang Bendera yang Sepi Pembeli: Masa Harus Jual Bendera Putih?

Diketahui, berdasarkan hasil kajian Puslit Geoteknologi LIPI, kawasan karst terbentuk 30-20 juta tahun lalu. Terbentang enam kilometer dari Tagog Apu (Padalarang) hingga selatan Rajamandala.

Batuan kapur di daerah ini jadi bukti bahwa Citatah pernah jadi dasar sebuah laut dangkal, pada 25 juta tahun silam.

"Kita tahu sebagian besar karst di kawasan Citatah sudah dieksploitasi. Maka dengan itu atas nama kelestarian lingkungan kami berharap, baik penambang maupun pemerintah bersepakat untuk menjaga keseimbangan alam," jelas Hasan.

Baca Juga: Bendera Merah Putih: Sejarah, Makna, dan Imbauan Mengibarkannya

Hasan pun menjelaskan pemilihan Gunung Hawu sebagai lokasi pengibaran bendera merah putih raksasa. Selain tak henti bersyukur atas kemerdekaan yang diraih 76 tahun lalu, ia dan teman-temannya ingin mengenalkan potensi alam gunung tersebut.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usia Waduk Saguling di Ujung Tanduk Ini Penyebabnya

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:15 WIB

Gaji ASN Bandung Barat Diprediksi Cair Pekan Ini

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:38 WIB
X