Mahasiswa Beberkan Pengalaman Jadi Relawan Vaksinasi Covid-19

- Minggu, 15 Agustus 2021 | 22:45 WIB
Relawan mahasiswa sedang mengecek jadwal vaksinasi peserta yang sudah mendatangi lokasi vaksinasi massal di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Sabtu 14 Agustus 2021. (Foto : Humas Unpad/Dadan Triawan)
Relawan mahasiswa sedang mengecek jadwal vaksinasi peserta yang sudah mendatangi lokasi vaksinasi massal di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Sabtu 14 Agustus 2021. (Foto : Humas Unpad/Dadan Triawan)

 

JATINANGOR, AYOBANDUNG.COM -- Di tengah tingginya kebutuhan layanan vaksinasi Covid-19 di Kota Bandung, banyak warga yang berpartisipasi untuk menjadi relawan vaksinator. Di antaranya adalah para mahasiswa.

Tasya Alya Firdaus, misalnya. Mahasiswa semester 7 Fakultas Farmasi Universitas Pajajaran (Unpad) Bandung ini sudah 6 kali menjadi relawan vaksinasi kampus Unpad. Keikutsertaan Tasya sebagai relawan vaksinasi merupakan implementasi dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Kemendikbudristek RI untuk bidang vaksinasi.

Saat proses vaksinasi, Tasya membantu sebagai asisten vaksinator. Selain itu, ia juga pernah membantu untuk proses manajemen penyimpanan vaksin, hingga pernah juga membantu di meja observasi atau memasukkan data peserta ke dalam aplikasi Pcare.

Selama menjadi relawan, Tasya mengaku mendapatkan banyak pengalaman yang berkesan. Apalagi, keikutsertaannya pada program Kampus Merdeka juga sudah terintegrasi dengan kegiatan perkuliahan.

“Biasanya setahun praktikum daring, tapi dengan jadi relawan sudah dianggap praktikum juga, bisa langsung terjun ke lapangan dan berinteraksi dengan masyarakat. Seru, hectic tapi senang,” kata Tasya dalam keterangan resminya.

Tidak hanya Tasya, pengalaman berkesan juga dialami Meivie Tivalli. Mahasiswa semester 7 Program Studi Biologi Fakultas MIPA ini mengatakan, menjadi relawan vaksin memberinya banyak pengalaman berharga

“Banyak manfaatnya dan menjadi pengalaman juga bagi saya,” kata Meivie.

Meivie sudah 5 kali ikut menjadi relawan pada kegiatan vaksinasi Unpad. Bersama mahasiswa Biologi lainnya, Meive menempati posisi gatur di bagian depan. Ia bertugas mengatur alur relawan yang akan masuk ke dalam ruang vaksinasi.

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Sumber: Unpad

Tags

Terkini

Rumah Retak Akibat Blasting PT KCIC Ditinjau KLHK

Jumat, 22 Oktober 2021 | 19:44 WIB

Waspada, Ini Daerah Rawan Pohon Tumbang di Bandung

Jumat, 22 Oktober 2021 | 17:56 WIB
X