Pemerintah Cairkan BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan Rp1 Juta, Cek Status Kamu di Sini!

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 11:25 WIB
Ilustrasi -- BLT BPJS Ketenagakerjaan. (Pixabay)
Ilustrasi -- BLT BPJS Ketenagakerjaan. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah menggulirkan kembali Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT BPJS Ketenagakerjaan dengan anggaran Rp 8,8 triliun bagi pekerja yang terdampak Pandemi Covid-19. Pekerja yang berhak menerima BSU akan mendapat bantuan sebesar Rp 500 ribu per orang dan diberikan langsung untuk dua bulan sebesar Rp 1 juta.

Untuk dapat menerima BSU, pekerja harus memenuhi beberapa syarat di antaranya peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan Juni 2021, mempunyai gaji paling banyak sebesar Rp 3.500.000 per bulan, dan bekerja di wilayah PPKM level 3 dan level 4 yang ditetapkan oleh pemerintah.

Baca Juga: Fantastis! Anggaran Pakaian Dinas dan Atribut DPRD Kota Bogor Capai Rp700 Juta

Pemerintah juga menegaskan, bahwa sebagai upaya percepatan penyaluran serta meminimalisasi penyelewengan penyaluran bantuan, BLT BPJS Ketenagakerjaan akan didistribusikan langsung ke rekening bank penerima bantuan, mulai bulan Agustus.

Sejalan dengan tujuan utama penyaluran BSU, pemerintah memahami bahwa keberlangsungan usaha sama pentingnya dengan menjaga kesejahteraan buruh/pekerja. Karena itu, pemerintah juga berharap pengusaha memelihara dialog secara bipartit dengan pekerja/buruhnya, untuk mencari solusi terbaik bagi kedua belah pihak.

Dalam Dialog Kabar Kamis di Media Center KPCPEN 12 Agustus 2021 yang membahas kabar terbaru dari BSU atau BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021, Reza Hafiz - Stafsus Menteri Ketenagakerjaan Bidang Ekonomi menyampaikan bahwa hingga saat ini, sekitar 947 ribu BSU telah tersalurkan kepada penerimanya, melalui bank Himbara.

Baca Juga: Intip Tampilan Realme Book Slim, Kece Badai!

“Kami menargetkan selesai proses pencairan pada bulan September, dan berharap seluruh BSU akan sampai di tangan buruh/pekerja pada awal Desember tahun ini,” paparnya.

Untuk validasi dan verifikasi pendataan penerima, pemerintah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan agar kredibel dan tepat sasaran, dengan prinsip kehati-hatian. Reza juga menegaskan, bahwa BSU tidak dapat dialihkan kepada ahli waris, sehingga bila penerima sudah wafat, dana tersebut akan kembali pada negara untuk disalurkan dengan sebaik-baiknya.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Sumpah Pemuda, PDIP KBB Bagi-bagi Sembako

Kamis, 28 Oktober 2021 | 18:36 WIB

Lirik Lagu Mletre - Denny Caknan feat Young Lex

Kamis, 28 Oktober 2021 | 18:00 WIB

Pencuri HP Modus Pinjam Korek Api Diringkus di KBB

Kamis, 28 Oktober 2021 | 17:31 WIB

8 Rute DAMRI Bandung Ditutup Sementara

Kamis, 28 Oktober 2021 | 12:31 WIB
X