Mausoleum Ursone, Makam Megah yang Jauh dari Kesan Angker

- Kamis, 12 Agustus 2021 | 21:20 WIB
Mausoleum yang memiliki arti makam yang besar dan indah.  (Muhammad Qeis/Magang/Ayobandung.com)
Mausoleum yang memiliki arti makam yang besar dan indah. (Muhammad Qeis/Magang/Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Tempat Pemakaman Umum atau TPU Pandu di Kota Bandung menyimpan sejarah unik berupa sebuah bangunan keluarga Italia dengan ornamen khas Eropa yang terkenal dengan sebutan Mausoleum Ursone.

Tempat Pemakaman Pandu ini memiliki luas 12,7 hektare dan terdapat dua kompleks pemakaman. Pertama ialah Ereveld Pandu atau pemakaman Belanda yang luasnya 3 hektar dan berisi 4 ribu tanda makam; dan kedua yakni Pemakaman Umum Pandu yang sedikitnya diisi 21.800 tanda makam.

Secara harfiah, mausoleummemiliki arti makam yang besar dan indah. Bangunan dengan ruangannya yang berfungsi menyimpan satu atau lebih jenazah. Bangunan semacam itu, di TPU Pandu, merupakan milik keluarga Ursone yang berkebangsaan Italia.

 

Bangunan makam yang didominasi berwarna putih dan berbahan marmer merupakan pindahan dari daerah Kebon Jahe yang sekarang menjadi Gor Pajajaran. Pada bagian sisi kiri dan kanan bangunan terdapat dua patung perempuan yang menunduk ke arah tengah bangunan.

Pada bagian atas bangunan terdapat tulisan ‘ORATE PRO NOBIS’ yang berarti doakan kami, sedangkan pada bagian bawah terdapat tulisan ‘FAM URSONE’ yang menandakan keluarga Ursone. Sementara pada bagian kanan dan kirinya terdapat nama-nama dari anggota keluarga Ursone lengkap dengan tanggal lahir dan meninggalnya.

Untuk masuk ke areal pemakaman ini dan mencari Mausoleum Ursone, pengunjung harus bertanya kepada penjaga atau petugas makam, karena lokasi yang cukup tersembunyi di antara ribuan makam yang ada.

Kamu harus masuk ke TPU Pandu dari sisi sebelah kanan. Masuk dan mengikuti jalan tersebut. Masuk beberapa meter akan menemukan sebuah bangunan yang bergaya ornamen Eropa, yang sepintas mirip dengan kuil pada bagian sisi kiri dan kanan terdapat patung perempuan yang seolah-olah sedang menjaga bangunan tersebut.

Sekilas tentang Keluarga Ursone

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

X