Sempat Langka, Pasokan MinyaKita di Tiga Pasar Kota Bandung Ditambah

- Minggu, 12 Februari 2023 | 14:48 WIB
Ilustrasi | Minyakita sempat langka, akhirnya pasokan di Kota Bandung ditambah
Ilustrasi | Minyakita sempat langka, akhirnya pasokan di Kota Bandung ditambah

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM-- Ketersediaan minyak goreng subsidi merk MinyaKita di Kota Bandung sempat langka beberapa waktu lalu. Hal itu membuat masyarakat kesulitan mendapatkan minyak goreng murah tersebut. 

Atas kelangkaan tersebut, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Elly Wasliah menyebut tiga pasar di Kota Bandung akan mendapatkan tambahan pasokan Minyakita sebanyak 30 karton atau 360 liter Minyakita oleh Satgas Pangan per bulan.

Ketiga pasar tersebut yakni, Pasar Sederhana, Pasar Kiaracondong, dan Pasar Kosambi. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan pasokan Minyakita di masyarakat.

Baca Juga: Komentari Black Team, Publik Malah Temukan Kejanggalan di Rambut Syahril MasterChef Indonesia 10

"Sekitar 500 ton MinyaKita yang sempat ditemukan (ditimbun) dari salah satu produsen akan didistribusikan ke 4 provinsi. Untuk Kota Bandung akan ada 3 pasar yang ditunjuk oleh Kementerian Perdagangan," kata Elly, Minggu, 12 Februari 2023.

Elly menyebut, stok minyak goreng curah dan premium tersedia. MinyaKita memang ada pengurangan pasokan tapi banyak diminati masyarakat karena harganya murah namun kemasannya premium dengan harga Rp14.000 per kilo.

"Ada permintaan yang meningkat, makanya stok dipasar agal berkurang," ujarnya.

Ia mengakui, jika terjadi kekurangan pasokan migor di Kota Bandung pada Desember-Januari. Dari hasil monitoring ke distributor minyak goreng di Kota Bandung seperti Indomarco, pasokan normal biasanya 1,5 juta liter. 

Baca Juga: Honorer Tak Lulus PPPK Bakal Terima 5 Fasilitas Ini, Uang Fantastis hingga Kerja di BUMN

Ternyata pada bulan Desember 2022 pasokan berkurang menaksir 800 ribu liter. Kemudian pada bulan Januari 2023 pasokan tersebut kembali berkurang menjadi 300 ribu liter.

"Di CV. Bagus, PT. Panca Lestari minyak curah dalam bentuk jeriken masih aman," katanya.

Disdagin Kota Bandung juga telah melalukan rapat bersama Kementerian Perdagangan. Para produsen minyak goreng diminta menambahkan stok dari 300 ribu ton per bulan menjadi 450 ribu ton per bulan untuk kebutuhan persiapan jelang Ramadan dan Idulfitri.

"Langkah-langkah yang akan dilakukan yakni monitoring setiap Senin dan Kamis di 8 pasar tradisional dan 8 toko ritel. Monitoring stok barang kebutuhan setiap bulan kita lakukan," ujarnya. ***

Editor: Irma Joanita

Tags

Artikel Terkait

Terkini

[FOTO] Uji Emisi Kendaraan di Balaikota Bandung

Selasa, 26 September 2023 | 16:42 WIB
X