Pemkab Bandung Terus Gelar Vaksinasi Massal

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 16:44 WIB
Berkolaborasi dengan berbagai pihak, percepatan dilakukan untuk merealisasikan target 80 persen vaksinasi bagi warga Kabupaten Bandung. (Dok. Pemkab Bandung)
Berkolaborasi dengan berbagai pihak, percepatan dilakukan untuk merealisasikan target 80 persen vaksinasi bagi warga Kabupaten Bandung. (Dok. Pemkab Bandung)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM — Percepatan pemberian vaksin terus dilakukan Pemkab Bandung melalui vaksinasi massal.

Berkolaborasi dengan berbagai pihak, percepatan dilakukan untuk merealisasikan target 80 persen vaksinasi bagi warga Kabupaten Bandung.

Kali ini, bersama DPRD Kabupaten Bandung, vaksinasi massal dilakukan di kompleks perumahan Griya Bandung Asri 1 Desa Bojongsoang Kecamatan Bojongsoang, Selasa (10/8/2021).

“Saya sangat mengapresiasi inisiasi yang dilakukan DPRD. Memang dalam penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang diperpanjang hingga 16 Agustus ini, pemerintah pusat lebih menekankan pelaksanaan kegiatan vaksinasi,” ucap Bupati Bandung Dadang Supriatna di sela peninjauan kegiatan.

80 persen dari total penduduk 3,62 juta jiwa atau sekitar 2,79 juta jiwa sasaran vaksin, terang bupati, baru terlaksana di kisaran 400.000. Bila ditargetkan akhir tahun ini tercapai 80 persen, maka harus dilakukan sebanyak 40 ribu vaksinasi per hari.

Vaksinasi, kata dia, diprioritaskan untuk terus dilakukan, agar kekebalan kelompok atau herd immunity masyarakat Kabupaten Bandung cepat terbentuk.

“Vaksinasi bukan obat untuk menyembuhkan covid-19, tapi untuk membentuk herd immunity di masyarakat. Saya sudah divaksin 2 kali. Habis lebaran karena keletihan, kesehatan saya drop dan akhirnya terkonfirmasi positif. Namun karena sudah divaksin, hanya 3 hari kemudian saya dinyatakan negatif. Jadi meskipun kekebalan tubuh sudah terbentuk, tetap selalu jaga dan terapkan prokes, jaga kesehatan dan makan teratur. Insyaallah, kita segera kembali ke kehidupan normal,” imbuh bupati.

Baca Juga: Orang Sudah Vaksinasi Bisa Alami Long Covid-19? ini Kata Ahli

Dari pengalaman pribadi pria yang akrab disapa Kang DS itu, terbukti bahwa vaksin memang sangat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh. Untuk itu dirinya mengimbau seluruh masyarakat, agar tidak ragu-ragu  lagi terhadap vaksin.

Kang DS juga memprioritaskan vaksinasi di desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades), baik pilkades serentak maupun Pengganti Antar Waktu (PAW).

“Meskipun pilkades serentak diundur hingga 2 bulan ke depan, karena PPKM ini masih diperpanjang,” pungkas Kang DS.

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Bandung, Praniko Imam Sagita mengungkapkan, pihaknya mendukung penuh target Pemkab Bandung dalam pemberian vaksin.

Ia berharap, angka kesembuhan Covid-19 di Kabupaten Bandung terus meningkat, angka kematian bisa ditekan dan perekonomian warga bisa segera pulih.

"Saya mengajak rekan-rekan dari fraksi lain, untuk juga ikut terlibat dalam maraton vaksinasi yang dilakukan Pemkab Bandung. Saat ini pelaksanaan vaksin pertama, tiga bulan ke depan kita akan gelar untuk vaksin kedua," terang Praniko.

Setelah di Bojongsoang, pihaknya juga akan menggelar lagi vaksinasi massal dalam waktu dekat di wilayah lainnya.

"Karena kami berangkat dari Dapil 3, pastinya akan menelusuri di Dapil 3 sebagai aspirator yang harus mengantarkan aspirasi masyarakat. Ke depan Insyaa Allah, akan hadir di Cileunyi, Cimenyan dan Cilengkrang. Kita mengejar ketersediaan vaksin ini karena terbatas, dan kita harus cepat mengambil langkah supaya masyarakat cepat segera pulih kembali," tutupnya. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UMK Kabupaten Bandung 2022 Direkomendasikan Naik 10%

Sabtu, 27 November 2021 | 15:00 WIB

Pertama Kali, Fashion Show di Kebun Teh Pangalengan

Jumat, 26 November 2021 | 17:05 WIB

Pemadaman Listrik Hari Ini di Bandung 25 November 2021

Kamis, 25 November 2021 | 08:30 WIB

Pemadaman Listrik Hari Ini di Bandung 23 November 2021

Selasa, 23 November 2021 | 09:00 WIB

Pemerintah Desa Harus Awasi PPKM saat Libur Nataru

Senin, 22 November 2021 | 20:06 WIB
X