Biaya Haji 2023 Bakal Naik, Arab Saudi Ternyata Lebih Dulu, Kemenag Jabar: Kita Hanya Menyesuaikan

- Selasa, 7 Februari 2023 | 12:45 WIB
Simak rincian biaya haji reguler dan biaya haji khusus 2023 usai diusulkan naik oleh pemerintah.  (pexels/mutahir jamil)
Simak rincian biaya haji reguler dan biaya haji khusus 2023 usai diusulkan naik oleh pemerintah. (pexels/mutahir jamil)

ANDIR, AYOBANDUNG.COM - Biaya haji tahun 2023 disebut bakal mengalami kenaikan. Satu orang jemaah akan dikenakan biaya hingga Rp 69 juta untuk berangkat ke tanah suci untuk kepentingan ibadah haji.

Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Jabar Boy Hari Novian mengatakan bahwa opsi kenaikan biaya haji bukan tanpa alasan. Pasalnya, kenaikan biaya haji telah dilakukan oleh pihak Arab Saudi sejak tahun 2022.

"Jadi begini sebenarnya harga biaya perjalanan ibadah haji itu sudah dinaikkan oleh Arab Saudi oleh pemerintah Arab Saudi itu pada tahun 2022. Jadi sejak tahun kemarin itu sebenarnya sudah naik dan kita sekarang hanya menyesuaikan," kata Boy saat dihubungi, Selasa, 7 Februari 2023.

Baca Juga: Alhamdulillah, Rencana Perjalanan Haji Sudah Terbit, Mulai ke Tanah Suci hingga Kembali ke Indonesia

Boy mengungkapkan, pemerintah tidak menggunakan tarif baru biaya haji 2022. Pasalnya, pemerintah Arab Saudi menaikkan biaya haji satu pekan sebelum pelaksanaan ibadah haji.

Para jemaah mendapatkan subsidi dari anggaran Badan Pengelola Keuangan Haji (BKPH).

"Tahun kemarin itu seharusnya kita menyesuaikan. Kan Arab Saudi itu menaikkan harga seminggu akan berangkat jamaah. Jadi kan kami enggak bisa karena waktunya itu mepet dan pasti akan terjadi gejolak karena seminggu lagi mau berangkat mereka menikah biaya masyair arab Saudi itu sebanyak 23 juta per orang itu tahun 2022," ungkapnya.

"Dan akhirnya biaya itu di Tanggulangin oleh BPKH dari dana manfaat dan dari dana efesiensi sehingga itu tertutupi," imbuhnya.

Boy menambahkan, skema haji diusulkan menggunakan skema 70 persen dari jemaah dan 30 persen dari BKPH. Namun skema itu masih dalam pembahasan dan belum ada keputusan final soal skema biaya ibadah haji 2023.

"Jadi 70 persen jemaah dan 30 persen pakai dana manfaat, tapi ini masih dibahas di DPR, jadi belum, jadi belum ada keputusan," pungkasnya.***

Editor: Miftah Salis Hidayah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X