Ramai Kasus Penculikan Anak Meresahkan, Kota Bandung Persiapkan Hal Ini

- Selasa, 31 Januari 2023 | 12:32 WIB
Yana Mulyana bahas penculikan anak (Ayobandung MuslimYanuarPutra)
Yana Mulyana bahas penculikan anak (Ayobandung MuslimYanuarPutra)

a

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM-- Kasus penculikan anak tengah marak saat ini. Terbaru dua siswi SD di kawasan Bogor nyaris menjadi korban. Kabar keduanya pun sempat viral di jagad maya yang tersebar di media TikTok. 

Kabarnya peristiwa percobaan penculikan anak itu terjadi di kawasan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dalam video, terlihat dua anak sekolah menceritakan kronologi penculikan yang dialami dia dan temannya.

Menanggapi fenomena penculikan anak, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana memastikan di Kota Bandung tidak ada penculikan anak. Namun ia mengimbau untuk tidak panik, tapi tetap waspada terkait ancaman penculikan anak

Baca Juga: Pendaftaran KPPS Pemilu 2024 Dibuka Kapan? Ini Jadwal Lengkap Resmi, dan Syarat Pendaftaran

"Itu (isu penculikan) sudah dibantah oleh pihak kepolisian," ujar Yana di Balai Kota Bandung, Selasa 31 Januari 2023.

Yana mengintruksikan, kepada seluruh satuan pendidikan untuk meningkatkan kewaspadaan serta antisipasi agar perserta didik tetap aman hingga pulang sekolah. Selain itu, ia pun mendorong orang tua untuk meningkatkan kewaspadaan di lingkungannya.

"Peran fungsi orang tua siswa bersama sekolah menjadi hal penting. Insyaallah keamanan di sekolah terus kita perketat," kata Yana.

Sementara itu, Orang tua murid dan siswa diminta lebih meningkatkan kewaspadaan dan melakukan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya penculikan anak yang tengah marak belakangan ini. 

Baca Juga: Materi Soal Tes Wawancara Panwaslu PKD Pemilu 2024, Jelaskan secara singkat Tugas, Wewenang, dan Kewajiban!

"Memang fenomena yang muncul saat ini dibeberapa daerah seperti itu. Jadi lebih kepada pengawasan, dan peningkatan bimbingan orang tua," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bandung Uum Sumiati. 

Fenomena penculikan anak yang tengah marak di beberapa daerah saat ini, dipastikan Uum Sumiati belum ditemukan di Kota Bandung. Pihaknya sangat berharap tidak menemui kasus tersebut. 

"Kota Bandung jangan ditemukan. Sehingga kita mengingatkan kepada orang tua, ya itu tadi untuk lebih meningkatkan dalam sisi pengawasan dan bimbingan. Lalu anak juga untuk lebih berhati-hati. Pulang sekolah, harus langsung pulang, jika tidak ada keperluan," ucapnya. 

DP3A Kota Bandung, dipastikan Uum langsung merespon terkait fenomena saat ini. Pihaknya melakukan sosialisasi ketiga sekolah, termasuk didalamnya soal edukasi kekerasan, dan perkawinan usia anak. 

Baca Juga: Minyak Goreng Subsidi di Kota Bandung Langka, Ada Indikasi Penimbunan? 

Halaman:

Editor: Irma Joanita

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X