Cerita Aher Perjuangkan Anggaran Besar untuk Bangun Masjid Al Jabbar

- Jumat, 6 Januari 2023 | 18:31 WIB
Aher menuturkan sejak rencana pembangunan, besarnya anggaran Masjid Al Jabbar dan urgensinya sudah menuai perdebatan. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Aher menuturkan sejak rencana pembangunan, besarnya anggaran Masjid Al Jabbar dan urgensinya sudah menuai perdebatan. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Anggaran Masjid Raya Al Jabbar senilai Rp1 triliun dari APBD mengundang polemik dari sebagian pihak.

Pada prosesnya anggaran sebesar itu tidak ujug-ujug muncul di zaman Gubernur Jabar Ridwan Kamil, karena sudah dianggarkan secara bertahap sejak pemerintahan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher)

Mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan yang biasa disapa Aher menuturkan sejak pihaknya mencetuskan rencana pembangunan, besarnya anggaran Masjid Al Jabbar dan urgensinya dalam prioritas Pemprov Jabar sudah menuai perdebatan.

Baca Juga: Rp 20 M untuk Konten Masjid Al Jabbar Sempat Dianggarkan Pemprov Jabar, tapi Gagal Lelang

Namun pihaknya pada saat itu tetap konsisten memperjuangkan Al Jabbar mengingat pentingnya membangun masjid berskala besar bagi provinsi dengan umat muslim terbesar di Indonesia.

"Bagaimanapun program besar membutuhkan anggaran besar. Ada yang mempermasalahkan karena anggarannya terlalu besar..Ada pemikiran ini bukan prioritas," katanya seperti dikutip media dari video testimonial Aher terkait Al Jabbar, Jumat, 6 Januari 2023.

Menurut Aher saat itu anggaran Al Jabbar direncanakan memakai skema tahun jamak (multi years) agar komposisi anggarannya tidak sekaligus besar namun pembangunan bisa dianggarkan secara bertahap.

Selain itu, angka anggaran Al Jabbar menurutnya tidak mengurangi keberpihakan APBD pada urusan wajib seperti infrastruktur, pendidikan dan kesehatan.

Baca Juga: Usai Ramai Dana Pembangunan Masjid Al Jabbar, Cuitan Ridwan Kamil Satu Dekade Lebih Ini Kembali Viral

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X