Bukan Hanya Sesar Lembang, Sesar Cileunyi-Tanjungsari dan Cicalengka Ancam Gempa di Bandung Raya

- Selasa, 3 Januari 2023 | 17:45 WIB
Warga beraktivitas di tempat tinggalnya yang berdekatan dengan Sesar Lembang di Dago Giri, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Warga beraktivitas di tempat tinggalnya yang berdekatan dengan Sesar Lembang di Dago Giri, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. (Ayobandung.com/Kavin Faza)


LENGKONG, AYOBANDUNG.COM-- Cekungan Bandung merupakan daerah dengan potensi kebencanaan cukup tinggi, salah satunya adalah gempa yang diakibatkan sesar atau patahan.

Kawasan cekungan bandung yang terdiri dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat dikepung oleh sejumlah patahan dengan potensi gempa mencapai Magnitudo 6,8.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kelas 1 Bandung Teguh Rayahu mengatakan, ada beberapa sesar yang berpotensi menimbulkan gempa di wilayah Bandung.

Baca Juga: Mengenal Sesar Cileunyi Tanjungsari, Sesar Aktif di Bandung Timur

Di wilayah utara, terdapat sesar Lembang yang membentang sepanjang 30 kilometer mulai dari daerah Cilengkrang Kabupaten Bandung hingga Padalarang Kabupaten Bandung Barat.

Di wilayah timur terdapat dua sesar yang diduga masih aktif, yakni sesar Cileunyi-Tanjungsari dan Sesar Cicalengka.

Sesar Cicalengka juga pernah tercatat menimbulkan gempa, tepatnya pada 18 Agustus 2000 dengan kekuatan sebesar Magnitudo 4. Kemudian pada 2 Oktober 2022 terjadi gempa berkekuatan Magnitudo 2,7 yang diakibatkan pergerakan Sesar Cileunyi-Tanjungsari.

Baca Juga: Wisata Alam Tebing Keraton yang Masuk Zona Merah Sesar Lembang, Terpopuler Lengkap Beserta Tiket Masuknya!

Di wilayah Barat terdapat sesar Cimandiri yang membentang dari Pelabuhanratu, sampai Gunung Burangrang dan Gunung Tangkubanparahu. Sesar ini memiliki potensi gempa Magnitudo 6,7.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X