Catat! 9 Desa Ini Ada dalam Lintasan Sesar Cugenang Aktif Pasca Gempa M 5,6 Cianjur

- Jumat, 9 Desember 2022 | 15:27 WIB
Potret 9 Desa yang dilintasi patahan aktif Cugenang pasca gempa Cianjur 5, 6 magnitudo (((Tangkapan layar YouTube/Info BMKG)) )
Potret 9 Desa yang dilintasi patahan aktif Cugenang pasca gempa Cianjur 5, 6 magnitudo (((Tangkapan layar YouTube/Info BMKG)) )

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Catat! 9 desa ini ada dalam lintasan Sesar Cugenang yang sebelumnya diketahui menjadi pemicu gempa M 5,6 di Cianjur.

Pemicu Gempa Cianjur 5,6 magnitudo yang menewaskan 321 orang itu telah diumumkan oleh BMKG pada Kamis (8/12/2022).

Akibat pergeseran sesar baru yang disebut patahan Cugenang masyarakat Cianjur dan sekitar hingga Jakarta terguncang gempa berkekuatan 5,6 magnitudo.

Baca Juga: Jajaran Polrestabes Bandung Gelar Solat Gaib Untuk Aiptu Anumerta Sofyan Didu Korban Bom Bunuh Diri

"Dari hasil penelusuran, ditemukan ada patahan yang baru teridentifikasi, karena patahan ini melintasi kecamatan Cugenang maka ditetapkan (namanya) Patahan Cugenang," ungkap Dwikorita Karnawati.

Dwikorita Karnawati selaku Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Kamis la juga menyampaikan bahwa Sesar Cugenang yang baru ditemukan itu melintasi 9 desa.

Usai gempa Cianjur berkekuatan 5,6 magnitudo, kira-kira 9 Desa mana sajakah yang berhasil diidentifikasi berada dalam lintasan Sesar Cugenang?

Lebih lanjut, Dwikorita menyatakan jika 9 Desa yang berada dalam lintasan Sesar Cugenang berada di dua kecamatan yang mengarah ke BLT (Barat Laut Tenggara).

Baca Juga: Terungkap, Jenazah Pelaku Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar Sempat Ditolak Keluarga

Halaman:

Editor: Jinan Vania Barizky

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X