Diskar PB Tangani Ratusan Kasus Penyelamatan Hewan Selama 2022, Banyak Ular Masuk Rumah

- Minggu, 4 Desember 2022 | 10:43 WIB
Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S)
Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM-- Tim Rescue Animal Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung hingga November 2022 telah menangani sebanyak 653 penyelamatan kasus hewan.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan Operasi Pemadam dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung M Yusuf Hidayat mengatakan, kasus penyelamatan tersebut terdiri dari 211 ular, 89 kucing dan 353 sarang tawon.

"Secara keseluruhan penyelamatan baik animal rescue, human rescue, traffic residen, dan sebagainya sampai November ini tembus ke angka 900 kasus. Mulai dari cincin dan sebagainya," kata M Yusuf Hidayat, Minggu, 4 Desember 2022.

Baca Juga: Diskar PB Buru Kawanan Monyet di Kota Bandung, Berkaitan dengan Sesar Lembang Aktif?

Menurut M Yusuf Hidayat, potensi hewan untuk masuk ke pemukiman warga di musim penghujan saat ini terbilang besar. Kasus terbanyak ditangani Diskar PB Kota Bandung adalah masuknya hewan jenis ular.

Namun demikian, dari ratusan kasus penyelamatan hewan jenis ular, Diskar PB Kota Bandung belum menemukan hal serius. Mayoritas, warga terpatuk ular selalu berhasil terselamatkan.

"Alhamdulillah tidak ada korban sampai meninggal. Hewan-hewan ini berpotensi masuk ke pemukiman, dan seringnya ular. Mungkin karena habitatnya terganggu karena ada masanya seperti ganti kulit dan bertelur. Namun alhamdulillah tidak sampai jatuh korban," ucapnya.

Mengantisipasi hal tersebut, M Yusuf Hidayat mengimbau kepada warga agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, dan menutup semua akses lubang apabila akan ditinggalkan.

Baca Juga: Diskar PB Beri Penjelasan Soal Kawanan Monyet Masuk Pemukiman, Benar Ada Kaitannya dengan Sesar Lembang Aktif?

Halaman:

Editor: Jinan Vania Barizky

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Biadab! Ayah Cabuli Dua Anak Tiri Selama 6 Tahun

Selasa, 24 Januari 2023 | 14:52 WIB
X