Korban Gempa Cianjur Pikir-pikir Direlokasi ke Cilaku, Jauh dan Bau Sampah

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 21:44 WIB
Lokasi lahan relokasi di Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku berdekatan dengan TPAS (AyoBandung.com/Muhammad Ikhsan)
Lokasi lahan relokasi di Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku berdekatan dengan TPAS (AyoBandung.com/Muhammad Ikhsan)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Warga yang berada di titik pusat gempa di tiga desa Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, masih pikir-pikir direlokasi ke Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku.

Alasan warga keberatan pindah ke tempat relokasi di Desa Sirnagalih lantaran lokasinya jauh dari lahan pertanian mereka, juga bau sampah cukup menyengat.

Jarak dari ketiga desa di Kecamatan Cugenang ke Desa Sirnagalih sekitar 13 kilometer, apabila menggunakan sepeda motor membutuhkan waktu sekitar 25 menit, kalau mengendarai mobil 35 menit.

Baca Juga: Gempa Berskala 6,4 Magnitudo Guncang Wilayah Kabupaten Garut, Sesar Garsela Tunjukan Aktivitas Besar?

Bau sampah yang menyengat lantaran lokasi relokasi hanya beberapa puluh meter dari tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) Cianjur, wajar jika dikeluhkan calon relokasi.

Bahkan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang meninjau langsung lokasi relokasi mencium bau sampah yang cukup menyengat.

Sektetaris Daerah Kabupaten Cianjur, Cecep Alamsyah mengatakan akan konsultasi dengan pemerintah pusat mengenai bau sampah ini.

“Kita akan konsultasikan ke pemerintah pusat bagaimana memanipulasi bau sampah ini,” tutur Cecep Alamsyah saat jumpa pers di Pendopo Pemkab Cianjur, Sabtu 3 Desember 2022.

Baca Juga: Penjelasan Mengapa Gempa Garut Magnitudo 6,4 Tidak Merusak Bangunan Dibanding Cianjur

Halaman:

Editor: Laila Zakiyya Khairunnisa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

WASPADA! Bandung KLB Campak. Begini Cara Mencegahnya

Jumat, 27 Januari 2023 | 13:23 WIB
X