Jalan Kolmas KBB Kembali Diterjang Longsor

- Jumat, 2 Desember 2022 | 19:35 WIB
Jalan Kolmas KBB Kembali Diterjang Longsor (Ayobandung.com/ Restu Nugraha)
Jalan Kolmas KBB Kembali Diterjang Longsor (Ayobandung.com/ Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Tebing di Jalan Kolonel Masturi (Kolmas) tepatnya di depan Destinasi Curug Pelangi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali diterjang longsor, pada Kamis 1 Desember 2022.

Longsor menggerus bahu jalan sepanjang 10 meter di samping dua titik longsor sebelumnya. Imbas kejadian ini, jalur Cisarua-Lembang via Jalan Kolonel Masturi diberlakukan buka-tutup.

"Telah terjadi longsor pada hari kamis tanggal 1 Desember 2022 pukul 21.00 WIB, panjang longsor 10 meter, bersebelahan dengan longsor pertama dan ke dua. Ini merupakan longsor yang ke 3 di titik berbeda tapi satu lokasi," kata Kepala Seksi Kedaruratan BPBD KBB, Amas, saat dihubungi, Jumat 2 Desember 2022.

Baca Juga: Dua Warga Mangunkerta Hilang Saat Gempa, Ternyata di Cafe Tergerus Longsor Cijedil

Longsor terjadi karena hujan beberapa pekan terakhir yang terus-menerus melanda wilayah Cisarua. Hal itu memicu tanah labil dan tebing di lokasi ambrol.

"Memang kemarin hujan besar sekali dengan durasi cukup panjang. Ditambah di sepanjang tebing semuanya tanah, belum ada TPT jadi mudah longsor," terang Amas.

Diketahui, kerusakan badan Jalan Kolonel Masturi akibat longsor terjadi sejak dua tahun lalu.

Jalan milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu rencananya akan diperlebar menjadi 12 meter ke bagian samping menggunakan lahan warga.

Baca Juga: Jalan Padalarang-Cisarua KBB Tertutup Longsor, Warga Berjibaku Buka Jalur

Halaman:

Editor: Jinan Vania Barizky

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polresta Bandung Grebek Pabrik Sabu di Ciwidey

Kamis, 19 Januari 2023 | 12:33 WIB
X