Wisata Kuliner Bandung: Sarapan Soto Ayam Madura Enak di Bandung

- Kamis, 1 Desember 2022 | 12:14 WIB
Ilustrasi soto enak di Semarang (dudung ridwan/ayobandung)
Ilustrasi soto enak di Semarang (dudung ridwan/ayobandung)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Kuliner Madura sudah lama merambah Bandung—Jawa Barat. Sate Madura, baik sate ayam atau kambingnya, tentu saja paling dulu. Biasanya ada sate ayam ada pula soto ayam Madura.

Konon, soto Madura aslinya bukan soto ayam, tapi soto daging. Tapi, entahlah di Bandung kebanyakan soto Madura itu soto ayam.

Kemudian, setelah soto ayam belakangan bebek goreng Madura marak di pinggir jalan, dengan memakai tenda. Bumbu hitamnya—menyerupai rendang—deuh meni sulit dilupakan.

Yang paling terakhir, bubur kacang Madura juga mulai marak. Rasanya yang lain, maupun cara mengolahnya yang beda daripada bubur kacang Sunda—biasanya yang dagang dari Sumedang, Kuningan--menjadikannya bubur khas Madura ini punya tempat di Bandung.

Baca Juga: Jadwal 16 Besar Piala Dunia 2022, Ada Prancis vs Polandia dan Argentina vs Australia

Nah, soto ayam Madura merupakan kuliner Madura generasi pertama, seangkatan dengan satenya. Biasanya sepaket. Ada sate, ada pula soto Maduranya. Tapi, tak selamanya begitu. Banyak pula orang Madura yang bersolo karier di jalur soto Maduranya saja.

Di bawah ini 4 soto ayam Madura enak di Bandung yang rekomended:

1. Soto Ayam Madura Cak Alim, Jl. Ibrahim Adjie.

Tempat soto ayam Madura Cak Alim ini pada 2005 an bukan di tempat yang sekarang. Tapi di terusan Jalan Kiara Condong, depan gedung Bungsuna Dewi, belakang Samsat Bandung Timur. Di situ pun, jualannya sudah rame.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X