Kejati Jabar Baru Terima Rp6,5 Milliar dari Kasus Korupsi di Kemenag Jabar

- Kamis, 1 Desember 2022 | 12:09 WIB
Tumpukan uang sebedar 6,5 Milliar hasil dari pengembalian kerugian keuangan negara dari kasus korupsi di Kemenag Jabar (Ayobandung.com/Rahmat Kurniawan)
Tumpukan uang sebedar 6,5 Milliar hasil dari pengembalian kerugian keuangan negara dari kasus korupsi di Kemenag Jabar (Ayobandung.com/Rahmat Kurniawan)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat (Jabar) baru menerima penitipan pengembalian kerugaian keuangan negara sebesar Rp 6,5 Milliar. Padahal tindak pidana korupsi pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Kementrian Agama (Kemenag) Jabar mencapai 22 Milliar.

"Tim bekerja marathon dan simultan, hasilnya Kami mendapatkan penitipan pengembalian uang negara sebesar 6,5 M yang disetorkan ke rekening penampungan khusus di Bank BRI Bandung, ini kasus korupsi di Kemenag Jabar tahun anggaran 2017-2018," kata Kepala Kejati Jabar, Asep N. Mulyana di kantor Kejati Jabar, Jalan L.L.R.E Martadinata, Kota Bandung, Kamis 1 Desember 2022.

Asep mengungkapkan, pihaknya telah memeriksas 56 saksi dan menetapkan 4 orang tersangka dalam kasus tersebut. Menurutnya proses penyidikan terus berlanjut dan pihaknya optimis bisa mengembalikan kerugian negara semaksimal mungkin.

Baca Juga: Terlibat Korupsi Dana Bos di Lingkungan Kemenag Jabar, Kejati Tetapkan 4 Tersangka

"Proses tengah berjalan, mudah mudahan kami juga bisa optimal mengembalikan kerugian negara dari perbuatan kerugian negara tersebut," ungkapnya.

Di lokasi yang sama, Kasi Penyidikan Kejati Jabar Dodi Gazali mengatakan bahwa uang yang dikembalikan ke negara tersebut berasal dari sejumlah Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) kabupaten maupun kota di Jabar.

Menurutnya angka Rp 6,5 Milliar merupakan penitipan yang diberikan ke Kejati per tanggal 30 November 2022. Di hari ini, lanjut Sutan, pihaknya dijadwalkan kembali menerima penitipan pengembalian uang negara sebesar Rp. 10 Milliar dari sejumlah KKMTs.

"Jadi angka 6,4 M itu adalah yang kami terima per hari kemarin sore, insyallah hari ini kami akan kembali menerima 10 M lebih," kata Dodi.

Baca Juga: Satgas KPK Geledah Rumah Milik Ketua DPRD Sulsel Ina Kartika Sari, Ini Bukti Korupsi Laporan Keuangan PUTR

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X