Cegah Bullying, Guru Harus Intens Awasi Siswa di Sekolah

- Selasa, 29 November 2022 | 16:54 WIB
Maraknya kasus bullying di Kota Bandung. walikota dan Disdik beri perhatian prosedur ketat  (Situs Kemdikbud.go.,id)
Maraknya kasus bullying di Kota Bandung. walikota dan Disdik beri perhatian prosedur ketat (Situs Kemdikbud.go.,id)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Pengawasan guru di lingkungan sekolah harus diintensifkan untuk mencegah aksi bullying terhadap siswa. Pasalnya, peran guru di sekolah bukan saja mengajar siswa, melainkan menjadi pengganti orang tua. 

Diketahui, sejumlah kasus bullying atau perundungan marak terjadi di sekolah akhir-akhir ini. Baik di tingkat SD, SMP, hingga SMA. 

"Guru harus mengawasi siswa, jadi tak hanya mengajar, mereka berperan sebagai pengganti orangtua tatkala di sekolah. Kita harapkan tatkala istirahat atau pulang sekolah, guru harus memastikan murid benar-benar aman," kata Ketua PGRI Jawa Barat Dede Amar baru-baru ini. 

Baca Juga: Siswa SMP Bully Temannya Hingga Dilarikan ke Rumah Sakit, Polisi Langsung Turun Tangan!

Selain mengawasi, guru juga harus menjadi pembimbing para siswa mengenakan gadget. Pasalnya, tindak bullying bisa terjadi lantaran pengaruh penggunaan internet melalui gawai selama Pandemik Covid-19. 

"Ini maaf ya, maaf, bisa jadi kondisi itu (perundungan), mungkin karena dampak negatif dari pembelajaran online," terangnya. 

Menurutnya, pembelajaran online menghilangkan interaksi tatap muka antara siswa dengan guru. Padahal keberadaan guru di sekolah perannya tidak hanya untuk mengajar saja tapi juga mendidik siswa agar memiliki perilaku dan sikap yang baik dalam bersosialisasi. 

Baca Juga: Kasus Perundungan SMP Plus Baiturahman Berakhir Damai

Di sisi lain pembelajaran online juga membuat anak-anak terlalu lama tidak bersosialisasi dengan teman-temannya. Untuk apa siswa memiliki IQ (Intelligence Quotient) yang tinggi, kecerdasan di atas rata-rata, tapi ahlaknya tidak bagus, yang pada akhirnya memicu aksi-aksi perundungan

Halaman:

Editor: Ekarista Rahmawati Putri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X