Membawa Bibit ke Bukit untuk Perbaikan Pangan dan Cegah Banjir

- Selasa, 29 November 2022 | 09:55 WIB
Membawa Bibit ke Bukit untuk Perbaikan Bangan dan Cegah Banjir
Membawa Bibit ke Bukit untuk Perbaikan Bangan dan Cegah Banjir

AYOBANDUNG.COM--Melanjutkan gerakan konservasi lahan kritis di Kawasan Bandung Utara (KBU), Yayasan Odesa Indonesia hari ini kembali aksi menanam pohon dengan menggerakkan para petani binaannya.

Menurut Sutardi (71 tahun), Koordinator Pelaksana Kegiatan Aksi Tanam, pelaksanaan kegiatan hari ini merupakan lanjutan dari beberapa kegiatan konservasi program bulan november.

Kata Sutardi, ada enam kali kegiatan penananam pohon dan pembagian bibit selama bulan november 2022 yang dijalankan di Desa Mekarmanik dan Desa Cikadut, keduanya di Wilayah Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung.

Baca Juga: Urutan UMP 2023 Paling Tinggi ke Rendah, Mayoritas Pulau Jawa Masih di Posisi Paling Bawah

“Dalam pekan terakhir bukan november 2022 ini kami berbagi 1.500 bibit tanaman buah-buahan dan 500 bibit kelor yang telah kami sebarkan. Kami berterimakasih kepada para donatur yang telah mengirim bibit-bibit tanaman buah yang bagus. Kami akan merawatnya,” kata Sutardi, Senin 28 November 2022.

Menurut Sutardi, saat ini petani-petani di Desa Cikadut dan Desa Mekarmanik sudah tergerak untuk ikut serta dalam kegiatan perbaikan lingkungan dengan menanam pohon buah-buahan.

Jika sebelumnya para petani hanya menanam sayuran dan menimbulkan erosi, saat ini terdapat 4.200 petani di tujuh desa Kecamatan Cimenyan yang terhubung dengan Odesa Indonesia sudah memahami program Odesa dengan anjuran menanam buah-buahan.

“Kami sudah merasakan hasilnya. Banyak manfaat dari menanam kelor, pepaya, dan beragam jenis buah-buahan lainnya. Hanya saja petani kami saat ini kekurangan bibit. Kalau soal merawat sudah pasti,” kata Sutardi.

Baca Juga: Dibintangi Michelle Zudith, Serial Kupu Malam Tayang Dimana dan Hari Apa Saja? Catat Jadwal dan Link Nontonnya

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X