Korban Gempa Cianjur di Posko Pengungsian Tembus 50.600 Didominasi Perempuan dan Anak-anak

- Minggu, 27 November 2022 | 18:56 WIB
BNPB) mencatat jumlah korban gempa Cianjur di posko pengungsian menembus angka 50.600, tersebar di 218 titik (Ayobandung.com/Muhammda Ikhsan)
BNPB) mencatat jumlah korban gempa Cianjur di posko pengungsian menembus angka 50.600, tersebar di 218 titik (Ayobandung.com/Muhammda Ikhsan)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat jumlah korban gempa Cianjur di posko pengungsian menembus angka 50.600, tersebar di 218 titik.

Pendataan dilakukan agar bisa mempermudah pendistribusian logistik dan memanajemen pengungsian.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengatakan, BNPB, Kementerian PPA, dan didukung badan PBB untuk kependudukan sudah melakukan survei data terpilah.

Baca Juga: Korban Gempa Cianjur di Posko Pengungsian Mulai Terserang Penyakit

"Dengan memilah data ini, maka akan diketahui kebutuhan para pengungsi,” tutur Abdul Muhari pada wartawan, Minggu 27 November 2022.

Ditambahkannya, pihak BNPB sudah mengidentifikasi jumlah anak-anak, jenis kelamin, jumlah disabilitas, jumlah ibu hamil, dan lainnya.

“Hasilnya, dari 218 titik pengungsian, sebanyak 108 titik di antaranya jumlah pengungsi di atas 20 orang," ujarnya.

Baca Juga: Semua Korban Gempa Cianjur Dapat Bantuan Pembangunan Rumah, Ini Syaratnya

Komposisi korban gempa berdasarkan jenis kelamin didapati di posko pengungsian didominasi perempuan dan anak-anak mulai dari balita hingga remaja.

Ilustrasi Gempa | Pemerintah Kabupaten Cianjur memastikan semua korban gempa Cianjur akan dapat bantuan pembangunan rumah dengan syarat
Ilustrasi Gempa | Pemerintah Kabupaten Cianjur memastikan semua korban gempa Cianjur akan dapat bantuan pembangunan rumah dengan syarat (Ayobandung.com/Muhammad Ikhsan)

"Kalau sudah terdata seperti itu, pendistirbusian logsitik tidak sporadis sehingga bisa sesuai dengan kebutuhan dan lokasinya,” tandasnya.

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sambangi Bandung, SBY Mengaku Teringat Ani Yudhoyono

Selasa, 3 Oktober 2023 | 20:28 WIB

Kades di Cianjur Khawatir Dikorbankan di Pemilu 2024

Selasa, 3 Oktober 2023 | 19:30 WIB
X