Mitigasi Sesar Lembang di KBB, Hengky Kurniawan Bakal Gedor Sekolah-sekolah

- Sabtu, 26 November 2022 | 17:50 WIB
Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan. (Tri Junari/Ayobandung.com) (Ayobandung.com)
Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan. (Tri Junari/Ayobandung.com) (Ayobandung.com)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan bakal gedor sekolah-sekolah untuk memberi sosialisasi dan mitigasi bencana gempa bumi dari Sesar Lembang.

Langkah ini diharapkan memberi kesadaran masyarakat akan bahaya sesar aktif (Sesar Lembang) sehingga mereka siap tatkala bencana gempa datang. Pada praktiknya, sejumlah pihak seperti ilmuan, instansi kebencanaan, komunitas dan relawan akan dilibatkan.

"Harus disosialisasikan lagi. Harus mempersiapkan dan waspada bagaimana mitigasi bencana kita ajarkan di sekolah-sekolah," kata Hengky, Sabtu, 26 November 2022.

Untuk mendukung langkah mitigasi ini, pihaknya juga sedang mengupayakan dukungan anggaran dari pemerintah pusat.

Baca Juga: 2 LINK Live Streaming Piala Dunia 2022 Qatar Grup C, Pertandingan Penentu Siapa yang akan Pulang

"Anggaran kita minta dukungan dari pusat untuk beberapa keperluan termasuk pelatihan mitigasi dan lainnya. Kemarin, sudah dikomunikasikan tinggal tunggu realisasi," terang Hengky.

Berbagai macam upaya untuk mengurangi dampak bencana gempa bumi akibat aktivitas Sesar Lembang sudah dilakukan sebelum-sebelumnya. Untuk mengantisipasi gempa bumi alat seismograf sudah dipasang di tiga titik di sepanjang Sesar Lembang.

"Sudah ada alat pendeteksi gempa termasuk di komplek perkantoran Pemkab Bandung Barat. Kita dibantu LIPI," jelas Hengky.

Menurutnya, semakin tinggi kesadaran ancaman bencana maka warga akan semakin siap untuk menghadapinya. Oleh karenanya pengetahuan untuk memitigasi bencana ini penting untuk diketahui demi mengurangi risiko dampak bencana.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X