Antisipasi Sesar Lembang, Bandung Barat Pasang Belasan Alat Pendeteksi Gempa

- Sabtu, 26 November 2022 | 17:04 WIB
Ancaman Sesar Lembang Lebih Dahsyat Dibanding Cimandiri, Warga Bandung Wajib Waspada! (situs BMKG)
Ancaman Sesar Lembang Lebih Dahsyat Dibanding Cimandiri, Warga Bandung Wajib Waspada! (situs BMKG)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Belasan alat pendeteksi gempa telah terpasang di beberapa titik wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) untuk mengantisipasi Sesar Lembang.

Diketahui, Sesar Lembang memiliki panjang sekitar 29 kilometer membentang dari Padalarang hingga Jatinangor.

Sesar ini terbagi menjadi dua segmen, yakni Segmen barat dan Segmen timur sehingga gempa yang diakibatkan memiliki skala yang berbeda-beda.

Para ahli memprediksi kekuatan gempa Sesar Lembang bisa mencapai lebih dari magnitudo 5. Berdasarkan pemetaaan BPBD KBB, sebanyak 20 desa di 4 kecamatan masuk wilayah rawan gempa lantaran terlewati jalur Sesar Lembang.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Bandung Barat, Saepul Uyun menerangkan pihaknya telah bekerja sama dengan sejumlah instansi dan lembaga penelitian untuk membuat alat pendeteksi gempa dan pergerakan tanah di 16 titik sejak tahun 2019 hingga 2022.

Baca Juga: Terbang dari Padang, Wali Kota Padang Beri Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

“Untuk Sesar Lembang alat pendeteksi memang cukup mempuni. Ini hasil kerja sama dengan berbagai pihak mulai dari lembaga penelitian, BNPB, hingga BMKG,” ungkapnya.

16 alat ini tersebar di Kecamatan Cililin, Padalarang, Ngamprah, Lembang, Cikalongwetan, Saguling, hingga Cipongkor.

Alat tersebut meliputi Intensity Meter yang berfungsi mendeteksi intensitas gempa bumi dan tingkat kerusakan dalam satuan MMI (Modified Mercalli Intensity), Warning Receiver System yang berfungsi memberikan informasi gempa secara lebih cepat dan kontinu (real time).

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X