Rumah Luluh Lantak, Azka Bocah Selamat Gempa Cianjur Terancam Eksodus ke Bandung Barat

- Kamis, 24 November 2022 | 19:09 WIB
Azka Bocah Selamat Gempa Cianjur Terancam Eksodus ke Bandung Barat. (Restu Nugraha)
Azka Bocah Selamat Gempa Cianjur Terancam Eksodus ke Bandung Barat. (Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Bocah bernama Azka Maulana Malik (6), korban selamat usai tertimbun material rumah, selama 48 jam imbas gempa bumi di Desa Rawa Cina, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, terancam eksodus ke Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Pihak keluarga memutuskan Azka Maulana Malik pindah ke kampung halaman ayah di Cibining, Desa Sarinagen, Kecamatan Cipongkor, Bandung Barat. Pasalnya, rumah yang ditempati saat ini luluh lantak diterjang gempa bumi magnitudo 5,6, pada Senin 21 November 2022.

"Bade dicandak ke Cipongkor weh kin mah. Lantaran di dieu mah seep, roboh sadayana. Jadi yang pindah ke sana kakek, sepupu, kakak Azka, dan Azka," kata Miftahudin (29), paman Azka Maulana Malik saat ditemui di RSUD Sayang, Kabupaten Cianjur, Kamis, 24 November 2022.

Miftahudin menerangkan proses pindah rumah dilakukan bertahap. Pihak keluarga masih bertahan di Cianjur sampai kondisi Azka benar-benar pulih. Saat ini bocah itu masih harus melakukan serangkaian pemeriksaan untuk memastikan kesehatannya.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022: Swiss Hancurkan Kamerun Dalam Waktu 48 Menit, Breel Embolo Jadi Pahlawan Kemenangan!

Miftahudin menjelaskan kondisi Azka saat ini mulai berangsur membaik. Saat ditemukan dari reruntuhan bangunan, bocah itu mengalami luka di bagian kaki, perut, dan wajah.

"Sama dokter sudah dirongent. Sekarang menunggu hasilnya. Karena kemarin memar di kaki kanan, bagian perut, dan goresan wajah. Alhamdulillah sekarang mau makan dan komunikasi. Tinggal pemulihan," terang Miftah.

Diketahui, Azka, merupakan bocah berusia enam tahun korban gempa Cianjur yang berhasil selamat setelah terjebak di antara reruntuhan rumahnya hampir tiga hari.

Pasca diselamatkan Tim SAR gabungan pada Rabu 23 November 2022 sekitar pukul 11.00 WIB, kondisi Azka mulai membaik. Bocah ini mulai bisa berkomunikasi, memainkan mainan, dan makan dengan lahap.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jalan Kolmas KBB Kembali Diterjang Longsor

Jumat, 2 Desember 2022 | 19:35 WIB

Cegah Bullying, Guru Harus Intens Awasi Siswa di Sekolah

Selasa, 29 November 2022 | 16:54 WIB
X