Dikepung Sesar Cimandiri, Lembang, dan Cirata, Bandung Barat Gencarkan Mitigasi Gempa Bumi

- Selasa, 22 November 2022 | 18:13 WIB
BPBD Bandung Barat Catat 4 Rumah Rusak dan Seorang Warga Luka Akibat Gempa Cianjur (AYOBANDUNG.COM/Restu Nugraha)
BPBD Bandung Barat Catat 4 Rumah Rusak dan Seorang Warga Luka Akibat Gempa Cianjur (AYOBANDUNG.COM/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) dikepung tiga sesar aktif yang memiliki potensi gempa kuat dan merusak. Ketiga sesar itu yakni sesar Cimandiri, Sesar Lembang, dan Sesar Cirata.

Sesar Cimandiri memiliki panjang 100 kilometer. Membentang dari kawasan Padalarang hingga Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi. Sesar Cimandiri dibagi menjadi tiga segmen dengan potensi gempa besar bermacam-macam.

Sesar Cimandiri di Bandung Barat merupakan segmen sesar Rajamandala. Mekanisme pergerakan patahan ini terdiri dari sesar naik dan sesar mendatar dengan arah orientasi barat-timur dan timur laut-barat daya.

Sesar Lembang memiliki panjang sekitar 29 kilometer membentang dari Padalarang hingga Jatinangor. Sesar ini terbagi menjadi dua segmen, yakni Segmen barat dan Segmen timur sehingga gempa yang diakibatkan memiliki skala yang berbeda-beda.

Baca Juga: Ferdy Sambo Intervensi Ridwan Soplanit Tutupi Pembunuhan Brigadir J, Aryanto Sutadi: Pengaruhnya Besar Sekali

Dari ketiga sesar yang ada. hanya Sesar Cirata yang belum terpetakan menyeluruh. Baik panjang, mekanisme gerakan, hingga wilayah yang terlewati sesar. Namun secara umum, sejumlah penelitian menunjukkan potensi kekuatan gempa dari masing-masing sesar ini bisa lebih dari magnitudo 5.

Dengan adanya tiga sesar aktif ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat akan gencar melakukan mitigasi bencana gempa bumi. Terutama bagi wilayah-wilayah yang terlewati sesar.

"Kita akan gencarkan lagi mitigasi bencana gempa bumi. Supaya masyarakat selalu waspada dengan ancaman bencana ini. Apabila terjadi mereka siapa harus berbuat apa," kata Kepala BPBD Bandung Barat, Duddy Prabowo.

Duddy memastikan, sesar Lembang dan Cimandiri sudah dilakukan pemetaan oleh BNPB, Badan Geologi, dan BRIN. Di sesar ini pihaknya melakukan mitigasi struktural dengan memasang rambu dan penanda sesar.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X