Celana Dalam di Nagara Padang Sampai Terlilit Akar Pohon, Sampah Capai 25 Karung

- Senin, 24 Oktober 2022 | 18:12 WIB
Situs Nagara Padang, Ciwidey. (Istimewa)
Situs Nagara Padang, Ciwidey. (Istimewa)

 

CIWIDEY,AYOBANDUNG.COM-- Saking sudah berlangsung lama, ritual membuang celana dalam di situs Nagara Padang membuat sampah dalaman sampai terlilit akar pohon.

Hermawan, serorang pegiat lingkungan di Desa Rawabogo, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, mengatakan pada minggu 23 oktober 2022, puluhan orang baik aktivis lingkungan, TNI dan Polri kembali melakukan aksi bersih-bersih mengambil celana dalam di situs Nagara Padang.

"Hasilnya, kami menemukan 25 karung pakaian yang sebagian besar celana dalam di situs Nagara Padang," ujar Hermawan melalui sambungan telepon, Senin 24 Oktober 2022.

Baca Juga: 30 Rumah di Bandung Barat Terdampak Pergerakan Tanah, Badan Geologi Diterjunkan

Pakaian berupa celana dalam menjadi sampah dominan di situs tersebut, mengingat ada ritual yang dilakukan dengan cara membuang celana dalam khususnya perempuan di tempat tersebut.

Ritual tersebut sudah berlangsung lama, bahkan kata Hermawan tidak sedikit kain dalaman perempuan tersebut yang sudah terlilit akar pohon.

"Banyak yang sudah terlilit akar pohon. Artinya itu sudah berlangsung lama," imbuhnya.

Dia berharap kedepan ada upaya lebih nyata baik dari pengelola, maupun pemerintah daerah supaya tidak ada lagi ritual tersebut dilakukan di situs Nagara Padang.

Halaman:

Editor: Irma Joanita

Tags

Artikel Terkait

Terkini

WASPADA! Bandung KLB Campak. Begini Cara Mencegahnya

Jumat, 27 Januari 2023 | 13:23 WIB
X