Keterbukaan Informasi di Kabupaten Bandung Ada pada Tahap Baik atau Informatif

- Rabu, 19 Oktober 2022 | 17:55 WIB
Drs Yudi Abdurrahman memaparkan presentasi keterbukaan  informasi  publik. (Dudung Ridwan)
Drs Yudi Abdurrahman memaparkan presentasi keterbukaan informasi publik. (Dudung Ridwan)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Rangkaian kegiatan Monitoring dan Evaluasi Penerapan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik di Jawa Barat tahun 2022 telah memasuki tahap verifikasi lapangan dan Uji Publik.

Tahap Uji Publik di Kabupaten Bandung dilaksanakan Rabu, 19 Oktober 2022, Gedung Command Center Kabupaten Bandung. Baik dari Tim Penilai dari Komisi Informasi Jawa Barat maupun dari Badan Publik Pemerintah Kabupaten Bandung yang diwakili oleh Dinas Kominfo Kabupaten Bandung menghadirkan masing-masing 10 koresponden yang merupakan tokoh masyarakat, akademisi, dan profesi lainnya di Kabupaten Bandung.

Menurut salah satu Tim Penilai Independen Komisi Informasi Jawa Barat, Dr. Mahi Hikmat, M.Si, setelah dua hari melakukan penilaian di Badan Informasi Pemerintah Kabupaten Bandung, Tim Penilai untuk sementara, mengganggap keterbukaan informasi di Kabupaten Bandung ada pada tahap baik atau informatif.

Baca Juga: Soal Gangguan Ginjal Akut, Dinkes Jabar Minta Orang Tua Gunakan Paracetamol Tablet

"Ya, hingga saat ini keterbukaan informasi di Kabupaten Bandung hingga saat ini  Informatif. Makannya, Uji Publik ini akan menentukan nilai akhir, apakah semakin baik atau malah nilainya menurun," kata Hikmat.

Para koresponden menilai berbeda, tapi secara keseluruhan sepakat  dan setuju bahwa keterbukaan informasi di Kabupaten Bandung sudah baik.  Tinggal diperbaiki kekurangannya. Misalnya, masih adanya blank spot di beberapa daerah atau ada data yang tak bisa dibuka atau tak ada di website PPID Kabupaten Badung.

Menanggapi hal itu, kepala Dinas Kominfo, Kabupaten Bandung, Drs Yudi Abdurrahman, M.Si, tidak menampik adanya blank spot itu. "Ya, memang di Kabupaten Bandung masih ada daerah blank spot. Semuanya ada 60 titik. Tapi, sekarang tinggal 14 daerah lagi. Ya, maklum Kabupaten Bandung daerahnya berbukit-bukit," katanya.

Baca Juga: Manfaat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 47, Bansos Full, Nol Persen Korupsi

Yudaningsih, M.Si. Komisioner  Komisi Informasi Jawa Barat mengatakan, hasil Uji Publik ini akan dibawa kepada sidang Komisioner Komisi Informasi Jawa Barat. Dan keputusannya akan diumumkan di akhir tahun.

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X