Upaya Pemkot Bandung Bangkitkan Kembali Teras Cihampelas yang Mati Perlahan

- Rabu, 12 Oktober 2022 | 12:50 WIB
Pemerintah Kota Bandung terus berupaya membangkitkan kembali Teras Cihampelas yang mati perlahan sejak pandemi Covid-19 melanda.  (Ayobandung.com/ Muslim Yanuar)
Pemerintah Kota Bandung terus berupaya membangkitkan kembali Teras Cihampelas yang mati perlahan sejak pandemi Covid-19 melanda. (Ayobandung.com/ Muslim Yanuar)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM-- Pemerintah Kota Bandung terus berupaya membangkitkan kembali Teras Cihampelas yang mati perlahan sejak pandemi Covid-19 melanda. Teras yang dibangun dengan anggaran Rp48 miliar untuk tahap pertama dan Rp23 miliar untuk tahap kedua kini sepi pengunjung.

Tak hanya itu, Teras Cihampelas yang awalnya diproyeksikan untuk merelokasi pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan disepanjang Jalan Cihampelas kini tampak sepi dari aktivitas. Dari 192 PKL yang tergabung dalam koperasi pedagang Teras Cihampelas, kini hanya tersisa 50 pedagang saja.

Andri salah satu pedagang yang kini memilih untuk berhenti berjualan di Teras Cihampelas mengaku lebih memilih kembali berjualan di bawah akibat sepinya pengunjung yang naik ke Teras Cihampelas.

Baca Juga: Kebut Pemulihan Ekonomi, Dinas KUMKM Kota Bandung Siapkan Penataan Kembali Teras Cihampelas

"Ya emang semenjak pandemi kerasa sangat turun pengunjung itu, tapi yang jadi masalah meski sudah banyak relaksasi pengunjung tetap sedikit yang mau berkunjung. Makannya saya lebih memilih berjualan lagi di bawah," ujar Andri saat ditemui, Rabu, 12 Oktober 2022.

Tak hanya sepi, adanya beberapa fasilitas pendukung yang rusak dan tak berfungsi seperti ketersediaan toilet dan banyaknya coretan membuat dirinya enggan meneruskan berjualan di Teras Cihampelas yang telah beberapa kali direaktivasi oleh Pemkot Bandung melalui Dinas Koperasi dan UKM.

"Ya mungkin sepinya Teras Cihampelas juga karena banyak fasilitas yang rusak seperti toilet yang tidak ada airnya, lift yang tidak berfungsi dan tidak ada lahan parkir membuat lokasi makin sepi. Semoga ke depan Pemkot Bandung bisa membuat tempat ini kembali ramai," tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna mengungkapkan pihaknya sudah mengantongi beberapa upaya untuk menghidupkan kembali Teras Cihampelas. Salah satunya dengan mendorong OPD untuk mengadakan acara di Teras Cihampelas.

Baca Juga: Pekerjaan Tahap 2 Teras Cihampelas Dibangun Tahun 2022, Anggaran Capai Rp5 Miliar

Meski begitu, Ema menegaskan upaya tersebut harus dibarengi dengan komitmen bersama dengan seluruh stakeholder baik pemerintah maupun Pedagang Kali Lima (PKL) untuk bersama menghidupkan kembali Teras Cihampelas.

"Saya telah memberikan arahan untuk membantu UMKM, ada OPD melakukan aktivitas di sini. Maminnya (makanan dan minuman) dari dagangan UMKM. Ada rapat atau sosialisasi, kita lakukan di sini. Silahkan dikelola oleh pengurus. Supaya kita menjadi bagian berkontribusi dalam peningkatan usaha," ujar Ema Sumarna di Teras Cihampelas, Rabu, 12 Oktober 2022.

Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

Ema juga mengatakan akan mengadakan berbagai acara demi mendongkrak pengunjung yang datang ke Teras Cihampelas. Rencananya, kata Ema, Teras Cihampelas akan diluncurkan kembali pada 22 Oktober 2022 mendatang.

Baca Juga: PKL: Berjualan di Atas Teras Cihampelas Sepi Pembeli

Halaman:

Editor: Ekarista Rahmawati Putri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X