Masuki Peralihan Musim, DPKP Imbau Masyarakat Tidak Parkir Kendaraan di Bawah Pohon

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 16:52 WIB
Insiden pohon tumbang di Kota Bandung dalam dua hari terkahir terus terjadi. Ada empat pohon tumbang di Kota Bandung hingga 4 Oktober 2022. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Insiden pohon tumbang di Kota Bandung dalam dua hari terkahir terus terjadi. Ada empat pohon tumbang di Kota Bandung hingga 4 Oktober 2022. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Memasuki musim penghujan, para pengguna kendaraan bermotor diimbau untuk tetap waspada. Berdasarkan prediksi cuaca BMKG, cuaca dalam sepekan ke depan masuk berpotensi menimbulkan bencana alam, salah satunya pohon tumbang.

Teranyar, satu unit sedan Mercedes tertimpa pohon Ki Hujan di Jalan Maulana Yusuf. Kendaraan yang sedang terparkir itu tertimpa pohon yang berusia puluhan tahun sehingga mengalami kerusakan cukup parah.

Maka dari itu, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Bandung mengimbau masyarakat untuk menghindari parkir kendaraan dibawah pohon. Hal tersebut untuk mengantisipasi jika terjadi pohon tumbang sehingga kendaraan tetap aman terhindar dari kecelakaan.

Baca Juga: Viral Kain Kafan Terlihat di TPU Sirnaraga dan Potret Sampah Depan Pasar Gedebage Usai Hujan Deras di Bandung

"Saat ini kondisi cuaca ektrim. Angin besar juga hujan besar, dengan itu kami imbau kepada masyarakat sebaiknya menghindari parkir di sekitar pohon. Jadi baiknya hindari dulu," kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Bandung, Rizki Kusrulyadi Jumat 7 Oktober 2022.

Menurutnya, sebelum musim penghujan, DPKP telah memangkas dan menebang ranting dan dahan. Hal itu untuk mengurangi beban pohon.

"Sebelum musim hujan pun kita sudah antisipasi terkait pemangkasan pohon. Bahkan kalau perlu, ketika rawan dilakukan penebangan diganti dengan pohon baru," jelasnya.

Menghadapi musim saat ini, Rizki mengaku telah berkordinasi dengan kewilayan untuk mengantisipasi teejadinya kecelakaan akibat pohon.

"Kalau cuaca ekstrem itu sulit diprediksi. Karena memang kondisi akar pada pohon itu terkadang tidak bisa terdeteksi dari luar. Kami terus komunikasi intens dengan aparat kewilayah untuk ditindaklanjuti," katanya.

Halaman:

Editor: Mutiara Rizka Maulina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X