Pemda Bandung Barat Minim Buat Perda Dua Tahun Terakhir, Ini Sebabnya

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 13:37 WIB
Pemda Bandung Barat bersama DPRD minim bikin peraturan daerah (Perda) sejak dua tahun terakhir (Ayobandung/Restu Nugraha)
Pemda Bandung Barat bersama DPRD minim bikin peraturan daerah (Perda) sejak dua tahun terakhir (Ayobandung/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM - Pemda Bandung Barat bersama DPRD minim bikin peraturan daerah (Perda) sejak dua tahun terakhir.

Kondisi Pandemik Covid-19 ditambah belum adanya bupati defenitif karena Aa Umbara tersangkut kasus korupsi, menjadi alasan pembuatan produk hukum berupa Perda di KBB minim.

Tahun 2021, Pemda KBB bersama DPRD hanya membuat 5 Perda. Sementara tahun ini, dari 13 Perda, yang dapat persetujuan Mendagri hanya 5.

Baca Juga: Dirumahkan Tanpa Kejelasan, Ratusan Satpol PP KBB Konvoi Keliling Kantor Pemda

"Tahun lalu hanya 5 Perda, karena masih Pandemik. Sedangkan tahun ini dari 13 Perda yang sudah paripurna, baru 5 yang disetujui Kemendagri. Status Pelaksana Tugas bupati memang perlu persetujuan Kemendagri," terang Kepala Bagian Hukum Setda KBB Asep Sudiro, Jumat 7 Oktober 2022.

Keberadaan Perda sangat penting untuk mengatur hidup masyarakat, melindungi hak dan kewajiban, serta menjaga keselamatan dan ketertiban masyarakat.

Perda merupakan produk hukum yang dibentuk DPRD bersama pemerintah daerah yang diatur dalam UU Nomor 12 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan. Usulannya bisa dari inisiatif dewan atau inisiatif eksekutif.

Baca Juga: Aktivis Lingkungan Nilai Pemkab Bandung Tidak Serius Membuat Perda KBS

Untuk Perda usulan eksekutif di antaranya tentang Kabupaten Layak Anak, sedangkan Perda inisiatif dewan yang selesai dibahas contohnya tentang Pesantren, Penyandang Disabilitas, Ketahanan Pangan, Pasar Tematik, dan beberapa lainnya.

"Kalau bupatinya definitif, pengesahan Perda bisa langsung. Setelah singkronisasi dengan provinsi, maka bisa langsung ditetapkan, jadi lebih cepat," tandasnya.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jalan Kolmas KBB Kembali Diterjang Longsor

Jumat, 2 Desember 2022 | 19:35 WIB

Cegah Bullying, Guru Harus Intens Awasi Siswa di Sekolah

Selasa, 29 November 2022 | 16:54 WIB
X