Selain Tak Berfungsi, JPO Asia Afrika Kini Kumuh dan Terbengkalai

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 11:56 WIB
JPO Asia Afrika yang kondisinya memprihatinkan. Dalam waktu dekat Pemkot Bandung berencana untuk melakukan perbaikan (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
JPO Asia Afrika yang kondisinya memprihatinkan. Dalam waktu dekat Pemkot Bandung berencana untuk melakukan perbaikan (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Jembatan penyeberangan orang (JPO) Asia Afrika saat ini kondisinya memprihatinkan. Salah satu ikon wisata Kota Bandung yang identik jadi spot instagramable itu kini mulai rusak di beberapa bagian dan menimbulkan suasana kumuh.

Berdasarkan pantauan Ayobandung.com, kondisi JPO Asia Afrika kini mengalami kerusakan di beberapa bagian. Diantaranya bagian plafon yang mengelupas hingga pagar besi yang menjadi pembatas dilantai dua sudah usang tergerus karat.

Selain itu, tumpukan sampah dan bau pesing turut menghiasi pemandangan di JPO Asia Afrika khususnya di lantai 2. Selain itu, fungsinya sebagai JPO pun sudah lama tak berjalan karena kondisi pintu yang menjadi akses untuk pejalan kaki yang hendak menyebrang terkunci.

Baca Juga: Revolusi PSSI Mencuat Usai Dirut PT LIB Jadi Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Mahfud MD Tegaskan Usut Tuntas

Adang (45) salah satu petugas parkir yang berada di lokasi membenarkan bahwa JPO Asia Afrika sudah lama tak berfungsi. Kondisi itu yang membuat bagian lantai 2 penuh dengan tumpukan sampah dan bau pesing.

"Jadi semenjak dulu diperbaharui pas ada acara KTT (Asia-Afrika) JPO ini masih berfungsi untuk penyebrangan. Nah setelah selesai dibetulkan, di atas jembatan ini ada pembangunan kantor yang rencananya digunakan oleh Dishub," ujar dia saat ditemui, Jumat, 7 Oktober 2022.

Dalam ingatannya, saat itu banyak peralatan kantor baru seperti kursi dan meja yang akan digunakan di lantai 2 JPO Asia Afrika sebagai kantor Dishub. Namun, karena tak kunjung digunakan sebagian meja dan bangku yang ada di kantor itu justru raib dicuri.

"Nah karena banyak alat yang dicuri, akhirnya dipasanglah pintu pagar yang dikunci. Semenjak itu JPO ini tak bisa digunakan oleh penyebrang jalan yang akhirnya jadi rusak dan kumuh," jelasnya.

Baca Juga: Kereta Cepat Beroperasi 2023, Flyover dan JPO Ciroyom Mulai Konstruksi Oktober 2022

Waktu yang dimaksud, adalah Konferensi Asia Afrika (KAA) yang dilaksanakan untuk kali ketiga di Jakarta dan Bandung pada 19-24 April 2015. Agenda KAA kali itu meliputi Asia-Africa Business Summit serta Asia-Africa Carnival. Negara-negara dan tokoh-tokoh penting yang terlibat jauh lebih banyak dari KAA sebelumnya.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X