8 Calon Panwascam Cimahi Terdaftar Jadi Anggota Parpol di Sipol KPU

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 17:08 WIB
Ilustrasi | Sebanyak 8 calon anggota Panwascam Kota Cimahi yang mendaftar ke Bawaslu tercatat jadi anggota Parpol di Sipol KPU. (Ayobanduung.com/Restu Nugraha)
Ilustrasi | Sebanyak 8 calon anggota Panwascam Kota Cimahi yang mendaftar ke Bawaslu tercatat jadi anggota Parpol di Sipol KPU. (Ayobanduung.com/Restu Nugraha)

 

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM - Sebanyak 8 calon anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Kota Cimahi yang mendaftar ke Bawaslu tercatat jadi anggota Parpol di Sipol KPU.

8 calon Panwascam terdaftar anggota Parpol ini tersebar di seluruh Kecamatan Cimahi. Mereka ditemukan setelah Bawaslu Cimahi mengecek berkas pendaftaran dari 68 orang pengawas pada tahap pertama.

"Betul, dari 68 calon Panwascam yang mendaftar di Cimahi. Ada 8 orang yang terdaftar anggota Parpol di website Sipol KPU," kata Ketua Bawaslu Kota Cimahi, Jusapuandy, Kamis, 9 Oktober 2022.

Yusa, panggilan akrab Jusapuandy menjelaskan, salah satu syarat menjadi anggota Panwascam yakni dilarang aktif dan terlibat dalam Parpol. Jika benar calon Panwascam tersebut anggota Parpol, maka secara otomatis akan ditolak saat verifikasi administrasi.

Baca Juga: KPU Bandung Barat Petakan Wilayah Rawan Konflik Pemilu Serentak 2024

Namun, beda kasus apabila calon Panwascam ini tak merasa menjadi anggota Parpol, artinya terjadi pencatutan NIK KTP. Maka peserta tersebut wajib melakukan klarifikasi ke KPU.

"Nanti ada tahapan penelitian administrasi calon Panwascam, nanti kita lihat apakah orang tersebut benar anggota parpol atau namanya dicatut sm parpol. Kalau namanya dicatut, maka akan diklarifikasi dan yang bersangkutan harus mengurus ke KPU agar namanya dihapus dari Sipol," terang Yusa.

Yusa menerangkan, pendaftaran Panwascam Kota Cimahi saat ini diperpanjang sampai 8 Oktober 2022. Hal itu untuk memenuhi keterwakilan perempuan.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dua Rumah di Bandung Barat Rusak Akibat Gempa Cianjur

Senin, 21 November 2022 | 15:56 WIB
X