BPBD Imbau Masyarakat di Jabar Selatan Waspadai Bencana

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 17:44 WIB
Sejumlah petugas dibantu warga membersihkan tanah sisa banjir | BPBD mengimbau masyarakat Jabar selatan untuk mewaspadai bencana yang diakibatkan oleh curah hujan. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Sejumlah petugas dibantu warga membersihkan tanah sisa banjir | BPBD mengimbau masyarakat Jabar selatan untuk mewaspadai bencana yang diakibatkan oleh curah hujan. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

BALEENDAH, AYOBANDUNG.COM -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengimbau masyarakat Jabar selatan untuk mewaspadai bencana yang diakibatkan oleh curah hujan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jabar, Bambang Imanudin, mengatakan jabar selatan merupakan daerah paling rawan bencana Hidrometeorologi dibanding daerah lainnya di Jawa Barat.

"Paling rawan bencana itu rangkaian Jabar Selatan," ucap Bambang di Baleendah, Rabu, 5 Oktober 2022.

Dengan kontur berbukit, ditambah tanah labil, membuat jabar selatan sangat rawan terjadinya bencana, terutama longsor, dan banjir bandang.

Baca Juga: 900 Kejadian Bencana di Jabar, Puting Beliung dan Longsor Paling Dominan

"Longsor dan banjir bandang sering terjadi di wilayah jabar selatan. Terutama saat musim hujan," katanya.

Banjir bandang dan longsor tidak jarang menimbulkan korban jiwa, sehingga selama musim hujan ini kewaspadaan terhadap bencana Hidrometeorologi harus ditingkatkan.

"Kewaspadaan dan kesiapsiagaan harus ditingkatkan. Paling tidak untuk mengurangi risiko adanya korban ketika terjadi bencana," ujarnya.

Dia mengimbau, agar masyarakat khususnya wilayah jabar selatan selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap terjadinya bencana. Terutama bagi warga yang tinggal di dekat tebing, ketika hujan deras turun lebih baik mengungsi sementara. [*]

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hore, UMK Kabupaten Bandung 2023 Naik 10 Persen

Kamis, 1 Desember 2022 | 17:27 WIB

Musim Hujan, Kabupaten Bandung Siaga Darurat Bencana

Senin, 28 November 2022 | 17:59 WIB

Bupati Bandung Klaim Tidak Ada PHK Massal Selama 2022

Kamis, 17 November 2022 | 17:10 WIB

19,5 Ton Kopi Kabupaten Bandung Diekspor Ke Prancis

Kamis, 17 November 2022 | 16:33 WIB

Susun IKP, Bawaslu Sebut Hasil Merah Bukan Aib

Senin, 14 November 2022 | 20:42 WIB
X