900 Kejadian Bencana di Jabar, Puting Beliung dan Longsor Paling Dominan

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 17:09 WIB
Ilustrasi banjir | Dalam kurun waktu 9 bulan terakhir, ratusan kejadian bencana terjadi di wilayah Jawa Barat (Jabar), seperti puting beliung dan banjir. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Ilustrasi banjir | Dalam kurun waktu 9 bulan terakhir, ratusan kejadian bencana terjadi di wilayah Jawa Barat (Jabar), seperti puting beliung dan banjir. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

BALEENDAH, AYOBANDUNG.COM -- Dalam kurun waktu 9 bulan terakhir, ratusan kejadian bencana terjadi di wilayah Jawa Barat (Jabar). Puting beliung, banjir, dan longsor menjadi kejadian bencana paling dominan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jawa Barat, Bambang Imanudin, mengatakan Jawa Barat merupakan daerah rawan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, longsor, dan angin puting beliung.

"Sampai akhir September ada lebih kurang 900 kejadian bencana. Dominan puting beliung, kemudian longsor, banjir, dan banjir bandang," ujar Bambang di Baleendah, Rabu, 5 Oktober 2022.

Dengan sebagian besar wilayan pegunungan dengan curah hujan cukup tinggi, Bambang mengatakan kalau Jawa Barat bisa dikatakan sebagai gerbang bencana hidrometeorologi.

Baca Juga: Nama Bangunan yang Menjadi Nama Desa dan Kelurahan

Terutama di daerah selatan, mulai dari Sukabumi sampai Tasikmalaya.

Daerah selatan tersebut, setiap tahunnya terjadi bencana terutama longsor dan banjir bandang.

"Hujan itu berkah, tapi harus dikelola dengan baik supaya tidak menimbulkan bencana, paling tidak meminimalisasi adanya korban," katanya.

Selama lebih kurang sembilan bulan terakhir, dari 900 kejadian bencana baik longsor, banjir, banjir bandang juga angin puting beliung, ribuan orang terdampak, baik mengalami kerugian materiel maupun korban jiwa. [*]

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kawanan Pengganjal ATM Ditangkap Saat Beraksi

Selasa, 6 Desember 2022 | 14:47 WIB

Hore, UMK Kabupaten Bandung 2023 Naik 10 Persen

Kamis, 1 Desember 2022 | 17:27 WIB

Musim Hujan, Kabupaten Bandung Siaga Darurat Bencana

Senin, 28 November 2022 | 17:59 WIB
X